Share Your Feeling bersama Kesma

sumber: doc.pribadi
Senin (04/09) di selasar FKM Undip telah terlaksana sebuah kegiatan dari Kesma BEM FKM Undip dengan tema “Share Your Feeling”. Kegiatan tersebut merupakan bentuk sarana yang diberikan oleh bidang Kesma untuk mengetahui seberapa banyak mahasiswa FKM yang membutuhkan banding atau mengalami kesulitan terkait masalah ekonomi, keluarga, dan hal lainnya yang menyebabkan mahasiswa tersebut mengalami kesulitan dalam pembayaran UKT. Selain itu, juga untuk memberikan pencerdasan UKT kepada mahasiswa baru. Sasaran dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa FKM S1 reguler.
Kegiatan ini merupakan program kerja baru dari bidang Kesma. Sebelum dilaksanakan sharing mengenai kawal UKT diawali dengan adanya sosialisasi ke kelas-kelas mahasiswa baru tahun 2017. Pada tahun lalu tidak ada istilah Share Your Feeling, namun ada kawal UKT dalam bentuk banding. Mekanisme tahun lalu, yaitu mahasiswa yang mau mengajukan banding langsung menghubungi pihak Kesma dan berkas yang diajukan pun cenderung satu persatu dimasukan ke dekanat. Sedangkan tahun ini diadakanlah program Share Your Feeling sebagai wadah untuk pengajuan banding di semester ganjil dan genap dengan berkas yang terkumpul diajukan secara bersama. Kegiatan ini berlangsung selama satu minggu mulai tanggal 4 sampai 8 September pada pukul 09.00-15.00 WIB.
Share Your Feeling ini diadakan mendekati pembayaran UKT dan ini diadainnya sekarang karena kita mau melakukan pemberkasan dulu jadi waktunya lama.” ujar Fitriani Nurahmah sebagai kepala bidang Kesma BEM FKM Undip.
Persyaratan dalam pengajuan banding itu sendiri ada tiga, yaitu tulang punggung keluarga meninggal, tulang punggung di PHK atau kehilangan pekerjaan dan terkena bencana alam. Berkas-berkas yang diperlukan, yaitu fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTM, fotokopi slip gaji orang tua, surat dukung (akta cerai, surat PHK, surat keterangan meninggal, surat pensiun), bukti terkena bencana alam, SKTM bila ada, dan data dukung lain (SPP semua tanggungan anak, surat keterangan sakit, dan rekening listrik).
Share Your Feeling ini juga memberikan informasi mengenai beasiswa-beasiswa yang ada. Begitu pula untuk mahasiswa yang tidak diterima untuk mengajukan banding UKT akan diarahkan untuk mengikuti beasiswa yang telah di informasikan. Selama 3 hari dilaksanakannya proker kawal UKT ini sudah mencapai 150 mahasiswa yang hadir untuk sharing dengan bidang Kesma BEM FKM Undip.

“Dimanfaatkan aja fasilitas yang diberikan, Share Your Feeling cara kita untuk mengetahui apakah mereka mampu atau tidak dalam membayar UKT. Terimakasih untuk 22 orang mahasiswa FKM yang telah berpartisipasi pada semester genap tahun akademik 2016/2017 dan selamat bagi 13 orang yang telah lolos banding.” pesan dan kesan Fitriani dalam kegiatan ini.
Kalangan mahasiswa, seperti Adhiatma Setiawan pun turut memberikan apresiasi dan harapannya tentang adanya kawal UKT tersebut." Luar biasa!  Mungkin ada sebagian orang yang tetap pasrah dengan tingkat UKT yang telah ditentukan. Dengan proker ini mungkin bisa membuat kesejahteraan mahasiswa untuk menuntut ilmu bisa nyaman dengan UKT yang sesuai dengan kebutuhannya. Tapi yang saya harapkan,  tidak hanya mahasiswa dengan UKT yang tinggi ingin banding ke yang lebih rendah. Lebih baik lagi jika ada mahasiswa berkecukupan mendapat UKT yang rendah melakukan banding untuk meninggikan UKT." harap Adhitama yang akrab disapa Adhi saat diwawancarai pada Sabtu (09/09) lalu.
"Saran juga, mungkin bisa dengan melakukan jemput bola ke mahasiswa yang kurang sejahtera karena tingkat UKT yang didapatkan tinggi atau sekalian mahasiswa yang memiliki UKT rendah, namun ternyata hidup dengan ekonomi tinggi untuk dilakukan banding UKT ke yang lebih tinggi." tambah Adhi. (Intan, Edwina, dan Lelly)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.