Grand Opening School of Speaking: Bukan Hanya Soal Bicara

Photo: BEM FKM Undip

Senin (7/3) BEM FKM Undip resmi membuka kegiatan prestise di awal kepengurusannya, yaitu “School of Speaking”. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan BEM yang dilaksanakan untuk menyalurkan bakat dan mengasah kemampuan dalam hal public speaking. Peserta adalah mahasiswa-mahasiswi aktif FKM Undip angkatan 2014 dan 2015.
Bertempat di gedung E, kegiatan ini dibuka dengan harapan peserta School of Speaking dapat berkomitmen penuh dalam rangkaian pelatihan selama satu bulan. Dalam sambutannya, Ketua Panitia Annisa Ayunda (A-2014) menyampaikan bahwa peserta dibagi dalam tiga kelas yang masing-masing kelas akan diisi oleh trainer yang mumpuni di bidangnya. Tiga kelas tersebut diantaranya TMC (Training of Moderator and MC), TnT (Tips and Trip Public Relation), dan ECC (English Conversation Class). Pelatihan ini mempunyai sistem tersendiri dan diakhir kegiatan peserta akan diwisuda sesuai indikator kelulusannya.
Grand Opening inidiisi oleh trainer muda asal teknik sipil Undip, yaitu Muh Nur Sholeh, ST, MT. Dia mengatakan bahwa public speaking adalah meyakinkan diri kita untuk berbicara. Jadi untuk memulainya adalah yakin dulu pada diri sendiri. Soal salah atau benar itu bisa ditangani karena memang mahasiswa masih dalam tahap berproses dan terus belajar. Antusiasme peserta semakin nampak ketika dia bercerita tentang pengalamannya dalam public speaking.
Kemampuan public speaking adalah hal yang mutlak diperlukan oleh seorang SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat). Karena dalam pekerjaannya akan banyak berhubungan dengan masyarakat atau publik. Oleh karenanya kemampuan ini harus dipelajari, diasah dan terus dilatih. Selain itu, ilmu dan sharing dari trainer akan sangat membantu mahasiswa dalam dunia perkuliahan seperti presentasi dan mengungkapkan pendapat dengan cara yang benar dan santun.
Seperti yang telah dikatakan Annisa, harapannya adalah peserta pelatihan dapat mengikuti acara dari awal sampai akhir dan lulusan dari School of Speaking dapat menerapkan ilmunya dimana pun. (Oktavia Winarti)


Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.