Header Ads

ad

Surveilans KIA Targetkan AKI dan AKB Nol

Photo: Jasmin
Inilah fenomena suka dukanya menjadi mahasiswa baru (maba), terutama di FKM Undip. Meskipun weekend, mereka tetap disibukkan dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh fakultas. Kali ini (14/9) mereka kembali harus mengikuti Sosialisasi Desa Mitra Kampus yang merupakan rangkaian dari program Surveilans KIA. Acara ini berlangsung dari pagi hingga siang hari. Bertempat di PKM Gedung E dan ruang B-201.b FKM Undip, peserta dibagi dalam dua sesi. Dua pemateri dalam sosialisasi ini yaitu Ir.Suyatno, M.Kes dan Yudi Dharmawan, SKM, M.Kes. Sosialisasi ini merupakan langkah pertama yang ditujukan kepada maba untuk memberi bekal kepada mereka sebelum terjun langsung ke masyarakat.
Octa Harmanto selaku Ketua Tim Surveilans KIA dari pihak mahasiswa, mengungkapkan bahwa jalannya acara di luar dugaannya. Banyak yang ikut andil dalam menyukseskan acara ini, antara lain dari
dosen, maba, serta tim supervisor. Dua mahasiswa baru yang diwawancarai juga menyatakan setuju dengan adanya program ini karena dinilai dapat melatih softskill mereka. Namun, mereka juga mengharapkan adanya pelatihan-pelatihan awal sebagai bahan untuk diberikan ke masyarakat. Selain itu, diperlukan juga persiapan dan koordinasi yang matang serta kreatif agar maba lebih bersemangat mengikuti acara ini.
Menurut Ir. Suyatno, M.Kes., agenda selanjutnya dari program Surveilans KIA ini adalah launching yang rencananya diadakan awal Oktober. Setelah itu, maba dapat terjun langsung untuk mendampingi ibu hamil. Pendampingan ibu hamil ini direncanakan akan berlangsung selama 1000 hari. Selain itu, sudah ada kesepakatan dengan PD I untuk menjadikan program ini sebagai materi PBL nantinya, sehingga mereka tidak perlu lagi mencari data.
Menjadi harapan semua pihak bahwa program Surveilans KIA ini dapat berkembang dan meluas, tidak hanya di FKM Undip. Semoga program ini benar-benar menjadi program yang berguna bagi masyarakat dan dapat memajukan kampus ungu kita. Dan tentunya mampu mewujudkan AKI dan AKB nol (0). (Naafiyati Firmani)

No comments