Bicara Di Depan Umum Tak Lagi Menakutkan

Photo : PH
Berbicara di depan umum masih menjadi momok untuk kebanyakan orang. Melihat adanya hal tersebut, acara Public Speaking yang diselenggarakan oleh LPM Publica Health pada Minggu (22/9) lalu membantu mengatasi ketakutan akan berbicara di depan umum. Acara yang bertempat di teatrikal gedung B FK Undip tersebut mengangkat tema "The Powerful of Public Speaking" Be Excellent Speaker. Peserta yang berjumlah lebih dari 100 mahasiswa tersebut tidak hanya berasal dari FKM Undip, tetapi juga dari beberapa fakultas lainnya di Undip.
Pembicara dalam acara Public Speaking adalah Hj. Erma Assegaf, S.Pd (Owner of Erma Enterprise) dan Bondan Satria Nusantara (Penyiar Radio Polaris FM Magelang). "Awali dengan doa karena dengan doa dapat mengurangi beban moral di dalam diri kita," jelas Hj. Erma Assegaf yang biasa disapa Miss Erma (22/9). Miss Erma juga memberikan beberapa tips untuk membangun kepercayaan diri kita. Salah satunya adalah kita harus memperbanyak jam terbang berbicara di depan umum.
Tips lain datang dari pembicara kedua, Mas Bondan. Penyiar radio sekaligus comic asal Magelang
ini memberikan tips untuk tampil ceria sebelum siaran di radio. Pertama, bernyanyi sebelum siaran dapat meningkatkan mood menjadi sedikit lebih baik dari sebelumnya. Kedua, pilih lagu-lagu yang nantinya akan diputar ketika siaran. Lagu yang dipilih sebaiknya adalah lagu-lagu yang tidak membuat mood kita menjadi down. Ketiga, ketika siaran duet, lawan duet bisa menjadi penghibur ketika mood sedang kacau. "Selain niat, script, dan menguasai teknik-teknik public speaking, yang paling penting adalah kerja keras," tambah Mas Bondan di akhir sesi (22/9).
Acara dilanjutkan dengan penampilan peserta terbaik dari masing-masing kelompok Focus Group Discussion (FGD). Satu persatu dari mereka mempresentasikan apa yang sudah mereka dapatkan ketika FGD beberapa hari sebelum acara puncak Public Speaking. Ketigabelas peserta ini nantinya akan dipilih 5 peserta terbaik, yang akan mendapatkan kesempatan untuk magang di Radio Proalma. Dan kelimanya adalah : Khansa (FPP/Teknologi Pangan), Billy S. (FKM), Shadna Sari (FKM), M. Reza Rusman (FKM), dan Nadia P. (FKM).
“Acaranya menarik banget, pembicaranya seru. Awalnya sih ngira pembicaranya biasa aja, tapi ternyata seru banget. Nggak nyangka banget bisa menang dan seneng udah bisa berpartisipasi di acara Public Speaking ini,” tutur Khansa, pemenang Public Speaking (22/3). (Sarah Khalda Azzahra)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.