Header Ads

ad

Rektor Undip Patahkan Rokok

Photo : Rino
Jalan-jalan ke kota Solok
Jangan lupa bawa rambutan
Kalo sudah tahu bahaya merokok
Ubah konsumsi rokok demi kesehatan

- Dra. V.G Tinuk Istiarti,M.Kes-
Jumat (7/6), Universitas Diponegoro (Undip) kembali menggelar acara Car Free Day (CFD) dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Civitas akademika dan mahasiswa Undip diminta untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor ke kampus dan menghemat energi mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Rangkaian acara seperti senam sehat bersama, penanaman pohon, pembuatan biopori dan komposer telah disusun rapi untuk meramaikan Car Free Day.
Acara Car Free Day edisi ke-2 yang dilakukan Undip ini diawali dengan jalan sehat bersama dari
gerbang Undip menuju Gedung Widya Puraya. Sebelum jalan sehat bersama dimulai, ada persembahan unik pertunjukan perkusi dari teknik Arsitektur sebagai pembuka acara CFD. Rombongan peserta jalan sehat ini terdiri dari pimpinan universitas seperti Rektor Undip, Pembantu Rektor II, beberapa staff jajaran lembaga dan juga perwakilan mahasiswa.
Setibanya di Widya Puraya, rombongan peserta jalan sehat disambut oleh iringan tepuk tangan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Rombongan peserta dan mahasiswa FKM ini berkumpul di Widya Puraya untuk bersama-sama melakukan senam sehat dan aksi bebas tembakau dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia beberapa waktu lalu. Aksi bebas tembakau yang mengambil tema “Undip Kawasan Tanpa Rokok (KTR),” ini dibuka dengan sambutan Dekan FKM, Dra. V.G Tinuk Istiarti,M.Kes.
“Kami warga FKM dalam rangka pelestarian lingkungan, perkenakan kami mewujudkan kawasan Undip yang hijau nan bersih tanpa polusi dari rokok,” terang perempuan yang menjadi tokoh Gender Jawa Tengah (7/6). Di akhir sambutannya penggagas kampus FKM sehat tanpa asap rokok ini menyelipkan sebuah pantun untuk mendukung Undip KTR.
Sejalan dengan harapan FKM, acara aksi bebas tembakau ini mendapatkan sambutan positif dari Rektor Undip, Prof. Sudahrto P. Hadi, MES, Ph.D. Pada aksi hari tanpa tembakau ini, Rektor Undip diberikan kesempatan untuk mematahkan rokok secara simbolis dan mendukung kawasan kampus sehat tanpa rokok. “Semoga spirit ini dapat mengubah perilaku kita untuk menyelamatkan lingkungan dan juga terima kasih pada FKM dan mari bersama-sama kita dukung mewujudkan kampus kita tanpa rokok,” sambut pria yang menyukai seni dan gemar berpantun ini (7/6).
Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari ngiping dari sanggar tari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan pameran produk sampah dan kreasi produk andalan yang didaur ulang dari bahan-bahan bekas serta uji emisi oleh Teknik Lingkungan. Acara Car Free Day ini ditutup dengan sesi makan besar bersama di Gedung Widya Puraya. (anugrahbalwa)

No comments