Pembenahan Sistem Informasi Akademik FKM



Baru-baru ini mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro dikejutkan dengan Kartu Hasil Studi (KHS) yang tiba-tiba mengalami perubahan. Perubahan terdapat pada jumlah SKS (Sistem Kredit Semester) komulatif yang telah diambil pada semester 1 serta IPK (Indeks Prestasi Mahasiswa) yang didapatkan. Hal ini terjadi terutama bagi mahasiswa semester 3 ke atas. Jumlah SKS pada semester 1 yang awalnya berjumlah 19 SKS, saat ini menjadi 8 sks, dengan demikian ada 11 SKS yang hilang.
Pada Senin, 3 Desember 2012, seluruh mahasiswa FKM dikejutkan oleh SMS dengan pengirim atas nama UNDIP. SMS itu memberitahukan hasil studi mahasiswa seperti halnya KHS yang berisi SKS yang telah diambil beserta IPK-nya. Sayangnya dalam sms itu, IPK tertera tidak sesuai dengan yang telah diambil selama ini. Hal ini membuat sebagian besar mahasiswa bertanya-tanya, sebenarnya apa yang tengah terjadi pada SIA dan bagaimana dengan IPK yang tidak valid.
Menanggapi hal tersebut Kepala Bagian Akademik FKM Undip, Sugianto, S.Pd menyampaikan bahwa saat ini SIA memang sedang mengalami kendala. Mengenai jumlah SKS yang mengalami perubahan dan IPK yang tidak valid, itu dikarenakan adanya perubahan sistem kurikulum baru dari kurikulum 2008 menjadi kurikulum 2012. Dalam kurikulum 2012, mata kuliah yang ada pada semester 1 banyak mengalami perubahan. Sebagai contoh mata kuliah Anatomi Fisiologi dan mata kuliah Biokimia yang dilebur menjadi mata kuliah Biomedik Dasar. Sedangkan dalam pengkodean, kode mata kuliah pada kurikulum baru ada yang menggunakan kode yang sama dengan kode mata kuliah lain yang digunakan pada kurikulum lama. akibatnya SIA tidak dapat membaca kode tersebut. “Kalau kode mata kuliah tidak bisa terbaca oleh sistem, yang terjadi ya seperti sekarang ini, mata kuliah tersebut tidak muncul dalam KHS”, jelas Kepala Bagian Akademik FKM Undip.
Penyelesaian permasalahan ini, bidang akademik FKM telah melakukan beberapa upaya, antara lain:
1.    Dalam rapat koordinasi bidang akademik hal ini disampaikan kepada PD I untuk kemudian disampaikan ke Universitas.
2.    Terkait dengan kendala-kendala apa saja yang saat ini terjadi pada sistem akademik juga telah disampaikan ke Universitas.
3.    Bagian Akademik mendatangkan programer yang ahli dalam bidang tersebut.

“Yang jelas saat ini SIA kita sedang dalam proses pembenahan dan untuk ke depannya setelah pembenahan selesai dan sempurna, KHS mahasiswa juga akan kembali seperti semula”, tambah Sugianto, S.Pd.
“Kemudian terkait SMS dari Undip yang beredar kemarin, itu merupakan SMS uji coba sistem baru untuk ke depan yang dikirimkan kepada semua mahasiswa kecuali mahasiswa yang mungkin dulunya tidak mencantumkan atau telah mengganti nomor handphonenya”, ungkap Pak Gi.
“Karena memang SIA sedang dalam masa pembenahan dan belum selesai, jadi IPK yang tercantum dalam SMS itu belum valid dan belum sesuai dengan yang sudah didapatkan mahasiswa”, imbuhnya.
Mengetahui hal yang tengah terjadi pada SIA FKM Undip, Kasubag Registik Undip, Ibu Sriati menyampaikan bahwa yang lebih tahu akan hal tersebut adalah pihak akademik fakultas sendiri. Untuk perubahan mata kuliah dan kode mata kuliah, hal ini berdasarkan atas usulan dari fakultas yang kemudian ditetapkan oleh Universitas. “Jadi untuk mengatasi hal yang tengah terjadi, pembenahan sistem akademik di fakultas memang harus dilakukan. Saat ini SIA FKM memang sedang dalam masa pembenahan”, kata Ibu Sriati. (Najah)
Publica Health

Publica Health

2 comments:

  1. isinya bagus dek, judulnya kurang "nakal" n_n
    Abi

    ReplyDelete
  2. emang y mas..stelah bca sendiri juga..kaku gto yaa..hmmmm..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.