Meluruskan Motivasi Melalui ESQ



Lagi, agenda yang diwajibkan untuk mahasiswa baru FKM Undip. Untuk memperkuat dan lebih mengembangkan mental mahasiswa baru dari segi emosional, intelektual dan spiritual, pihak fakultas menyelenggarakan ESQ bagi mahasiswa baru. Acara ini bertepatan dengan hari AIDS sedunia, 1 Desember 2012, dan berlangsung selama dua hari sampai tanggal 2 Desember 2012 lalu. Walaupun ini acara wajib untuk mahasiswa baru, namun peserta yang hadir tidak hanya mahasiswa baru saja. Ada beberapa delegasi dari tiap-tiap lembaga di FKM dan beberapa dosen yang mendampingi. Pada hari pertama, acara dimulai pukul 08.00 WIB. Sedangkan pada hari kedua, acara mulai lebih awal yaitu pada pukul 07.00 WIB.
Bertempat di SMA Gita Bahari Semarang, training ESQ dipandu oleh trainer Yus Ibnu Yasin. Beliau sangat pandai ‘mempermainkan’ emosi peserta. Sesaat peserta dibuat tertawa terbahak-bahak dalam sesi terang, sesaat kemudian atmosfer yang mengharukan dalam sesi gelap sudah melingkupi seluruh peserta yang hadir. Tangis dan tawa pun pecah dan melebur pada dua hari itu. Tidak peduli mahasiswa baru, mahasiswa senior, bahkan dosen sekalipun, semuanya larut tiap sesi renungan. Sesekali peserta seolah merasa tertampar karena amalan-amalan selama ini masih belum cukup layak dibandingkan kasih sayang Allah SWT pada umatnya. Satu per satu kebenaran Al-Qur’an pun dibuktikan dalam dua hari itu. Games yang tak kalah seru juga bukan tanpa tujuan. Kekompakan peserta, kemampuan leadership, serta esensi-esensi lainnya yang tersirat dalam setiap games menjadi pelajaran penting dalam acara tersebut.
Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan motivasi belajar mahasiswa FKM menjadi terarah. Belajar dalam konteksnya tidak melulu belajar di kelas, namun bisa berupa belajar dalam berorganisasi, bersosialisasi, dan lain sebagainya. Dalam acara ini juga diselipkan pembahasan mengenai kecintaan terhadap FKM. Mas Yasin, begitulah beliau ingin dipanggil, mengumpamakan kampus FKM kita tercinta itu sebagai bunga yang notabene memiliki sifat keindahan. Sehingga, kita sebagai mahasiswa FKM diharapkan akan senantiasa dapat menjaga, merawat, dan menjadikan bunga tersebut makin berkembang dan memancarkan keindahannya. (Rizki Amalia R.)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.