Masukkan iklan disini!

Tak Hanya Pemerintah, Masyarakat Turut Antusias Bantu Palestina

 

sumber: images.app.goo.gl

Tahap pertama bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia dikirimkan untuk Palestina pada Sabtu, 4 November 2023 yang dilepas secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pemerintah pun akan segera berkoordinasi dan menyiapkan pengiriman bantuan tahap berikutnya mengingat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia untuk membantu rakyat Palestina.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa bantuan tahap pertama akan diberangkatkan dengan dua pesawat TNI AU seberat 21 ton pada 4 November 2023 dan sisa 30 tonnya akan diberangkatkan dengan pesawat kargo melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta esok harinya yaitu pada 5 November 2023. Bantuan akan dibawa menuju Bandara El Arish di Mesir setelah menunggu antrian di Jeddah, Arab Saudi.


Bantuan pada tahap pertama terdiri dari barang-barang yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Palestina di Gaza, antara lain penjernih air minum. Serta dikirimkan juga alat-alat medis, obat-obatan, hingga bahan-bahan makanan. Sedangkan pada tahap kedua pemerintah menyiapkannya peralatan kesehatan yang besar.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bantuan 51,5 ton logistik untuk warga Palestina bukan hanya dari pemerintah. Tetapi bantuan tersebut juga diberikan oleh masyarakat serta lembaga kemanusiaan. Jokowi juga menyampaikan bantuan kemanusiaan ini merupakan solidaritas bersama antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Ia menegaskan bantuan ini sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia terhadap Palestina. (Finansial PH’23)

No comments