Masukkan iklan disini!

Lupus Ternyata Berbahaya, Kenali Lebih Dini!

Tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia, tapi kalian tau ngga sih apa itu Lupus? Seberapa bahayakan penyakit ini untuk kesehatan?

Sumber: news.detik.com

Lupus adalah penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang tidak mampu menyerang jaringan & organ yang sehat maka dari itu Lupus termasuk ke dalam penyakit autimun yang menyebabkan sel rusak dan mengalami peradangan sehingga sangat membahayakan tubuh kita. Tubuh kita akan mudah terkena infeksi karena tidak mampu menangkal virus maupun zat zat berbahaya yang akan masuk ke tubuh sehingga menyerang organ organ didalam tubuh seperti ginjal, otak, jantung, paru-paru dll.

Sumber: mediaaceh.com

Pasien yang menderita Lupus didominasi oleh wanita pada usia produktif antara 15-50 tahun, hal ini disebabkan oleh kromosom gen wanita yang lebih sensitif dengan keberadaan penyakit ini. Kabar buruknya, penyebab Lupus tidak dapat diketahui secara pasti dan mereka yang telah didiagnosis menderita Lupus tidak bisa sembuh total tetapi bisa dikendalikan dampaknya dengan cara mencegah kerusakan organ yang lebih parah dan komplikasi. Maka dari itu perlu dideteksi sedini mungkin untuk mencegah kerusakan lebih parah pada organ tubuh.

Gejala Lupus yang sering dikeluhkan oleh penderitanya terutama yang sering ditemui pada wanita:

1. Nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada sendi

Sumber: www.alodokter.com
Ini merupakan gejala yang pertama kali dirasakan jika terkena Lupus, nyeri lebih sering dirasakan pada tangan dan kaki tetapi terkadang nyeri tersebut berpindah ke sendi lainnya. Walaupun begitu, nyeri ini tidak akan menyebabkan cacat permanen pada persendia karena hanya sebentar saja.

2. Urin mengandung darah/protein

Sumber: alodokter.com
Gejala ini terjadi apabila Lupus telah menyerang Ginjal sehingga memengaruhi sistem ekskresi tubuh. Jika tidak segera ditangani, gejala ini bisa memunculkan penyakit lain seperti Edema yang berati pembengkakan karena penumupukan cairan.

3. Muncul ruam pada wajah maupun bagian tubuh lain

Sumber: ners.unair.ac.id
Ruam yang terjadi karena Lupus bentuknya menyerupai kupu kupu sehingga dikenal dengan istilah ruma kupu kupu. Munculnya ruam tidak hanya di satut titik tapi menyebar di pipi dan batang hidung. Berbeda dengan nyeri sendi yang sementara, ruam akibat lupus dapat memberi bekas yang permanen dan akan bertambah parah ketika terkena sinar matahari.

4. Rambut rontok

Sumber: health.kompas.com

5. Kesulitan bernafas hingga dada terasa sakit

Sumber: klikdokter.com
6. Mudah merasa lelah

Sumber: radarsolo.jawapos.com
Walaupun telah mengetahui gejala dari Lupus, kamu tetap tidak bisa self diagnose walaupun gejala tersebut kamu alami. Kamu harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan kesehatan secara lengkap agar tidak terjadi kesalahpahaman karena informasi ini hanya sebagai deteksi dini, bukan sebagai diagnosis pasti. (Azra Aniqah)

No comments