Masukkan iklan disini!

Survei Penggunaan Media Sosial LPM Publica Health 2023

        Survei Penggunaan Media Sosial LPM Publica Health 2023 telah diadakan mulai dari tanggal 8-15 Mei 2023. Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui serta meneliti kaitannya dengan trend penggunaan media sosial serta dampak yang dirasakan semua orang khususnya mahasiswa Universitas Diponegoro dalam menggunakan platform-platform media sosial saat ini. Sasaran dari survei ini adalah mahasiswa Universitas Diponegoro Semester Genap 2023 dari berbagai angkatan, sedangkan total responden dari survei ini sendiri adalah sebanyak 272 orang/responden. Berikut adalah diagram yang menunjukkan identitas diri (total/jumlah) responden: 


Responden terdiri dari: 
1. 108 responden (39,7%) dari mahasiswa FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat). 
2. 31 responden (11,4%) dari mahasiswa FT (Fakultas Teknik). 
3. 25 responden (9,2%) dari mahasiswa FEB (Fakultas Teknik). 
4. 18 responden (6,6%) dari mahasiswa FK (Fakultas Kedokteran). 
5. 17 responden (6,3%) dari mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). 
6. 16 responden (5,9%) dari mahasiswa FIB (Fakultas Ilmu Budaya). 
7. 14 responden (5,1%) dari mahasiswa SV (Sekolah Vokasi). 
8. 11 responden (4%) dari mahasiswa FH (Fakultas Hukum). 
9. 11 responden (4%) dari mahasiswa FSM (Fakultas Sains dan Matematika). 
10. 8 responden (2,9%) dari mahasiswa FPsi (Fakultas Psikologi). 
11. 7 responden (2,6%) dari mahasiswa FPIK (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan). 
12. 6 responden (2,2%) dari mahasiswa FPP (Fakultas Peternakan dan Pertanian). 

Responden terdiri dari: 
1. 172 responden (63,2%) dari Angkatan 2022 
2. 38 responden (14%) dari Angkatan 2019 dan <2019 
3. 32 responden (11,8%) dari Angkatan 2020 
4. 30 responden (11%) dari angkatan 2021


Responden terdiri dari: 
1. 109 responden (40,1%) berumur 19 
2. 61 responden (22,4%) berumur 18 
3. 40 responden (14,7%) berumur 20 
4. 24 responden (8,8%) berumur 21 
5. 21 responden (7,7%) berumur 22 
6. 11 responden (4%) berumur 23 
7. 2 responden (0,7%) berumur 26 
8. 1 responden (0,4%) berumur 17 
9. 1 responden (0,4%) berumur 24 
10. 1 responden (0,4%) berumur 27 
11. 1 (responden tidak valid/bias) 

Responden terdiri dari: 
1. 214 responden (78,7%) berjenis kelamin Perempuan 
2. 58 responden (21,3%) berjenis kelamin Laki-laki 

    Pada kuesioner survei terdapat 3 bagian yang terdiri dari 1 bagian tentang pendahuluan, 1 bagian tentang identitas diri, dan 1 bagian (secara menyeluruh) tentang isi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta merupakan bagian utama dari kuesioner. 


1. Apa saja platform media sosial yang Anda miliki?


    Platform media sosial yang paling banyak dimiliki oleh responden yaitu whatsApp sebesar 99,6% responden, disusul dengan instagram sebesar 98,2%, YouTube sebesar 94,9% responden dan Twitter sebesar 85,7%.

2. Berapa rerata jam (screen time) dalam sehari kamu menggunakan media sosial? 
    Berdasarkan hasil survei, 127 responden (46,7%) menggunakan media sosial dalam rentang waktu 4-6 jam. Sebanyak 92 responden (33,8%) menggunakan media sosial dalam rentang waktu 7-10 jam, dan 31 responden (11,4%) dalam rentang waktu lebih dari 10 jam. Serta sebanyak 22 responden (8,1%) menggunakan media sosial dalam rentang waktu 1-3 jam.  

3. Apa tujuan Kamu menggunakan platform media sosial? 
  Tujuan utama responden menggunakan media sosial adalah sebagai alat komunikasi, hiburan/relaksasi, mencari informasi, mengisi waktu luang, sebagai media belajar, menyampaikan opini, sarana eksistensi diri, bisnis daring, laporan pekerjaan, sebagai alat komunikasi yang praktis, dan berjualan online.

4. Media sosial apa yang paling sering kamu gunakan? 


     Mayoritas responden yaitu sebanyak 156 responden (57,4%) memilih whatsApp sebagai media sosial yang paling sering digunakan. Hasil ini sangat signifikan dibandingkan dengan opsi lainnya. Urutan kedua media sosial yang paling sering digunakan adalah Twitter sebanyak 40 responden (14,7%) dan disusul oleh Tiktok sebanyak 37 responden (13,6%). Sisanya adalah media sosial lain yaitu Instagram, YouTube, Facebook, Discord, dan Snapchat.

5. Apa media sosial yang paling berpengaruh buruk menurut kamu?



   Berdasarkan hasil survei, 3 media sosial yang paling berpengaruh buruk yaitu TikTok dengan responden pemilih sebanyak 130 responden (47,8%), diikuti oleh Twitter dengan responden pemilih sebanyak 41 responden (15,1%), dan Instagram dengan responden pemilih sebanyak 38 responden (14%).

6. Mengapa media sosial tersebut paling berpengaruh buruk menurut kamu?
    Berdasarkan responden yang bersedia untuk menjawab, berikut merupakan 3 alasan teratas mengapa TikTok sebagai media sosial yang paling berpengaruh buruk pada posisi pertama:

    Berdasarkan responden yang bersedia untuk menjawab, berikut merupakan 3 alasan teratas Twitter sebagai media sosial paling berpengaruh buruk posisi kedua :
    Berdasarkan responden yang bersedia untuk menjawab, berikut merupakan 3 alasan teratas Instagram sebagai media sosial paling berpengaruh buruk posisi ketiga:

7. Apa dampak negatif yang kamu rasakan selama menggunakan media sosial tersebut?                   Berdasarkan hasil survei dengan menarik kesimpulan yang sama dari responden yang bersedia menjawab serta bersama responden yang masih sama pula, maka hal tersebut dapat dikatakan dampak negatif yang dirasakan selama menggunakan media sosial TikTok adalah sering lupa waktu sehingga kurang produktif, seseorang dapat menjadi orang yang malas sehingga menunda pekerjaan, terlalu terbawa suasana, dan kecanduan serta sulit untuk berhenti. 
    Berdasarkan hasil survei dengan menarik kesimpulan yang sama dari responden yang bersedia menjawab serta bersama responden yang masih sama pula, maka hal tersebut dapat dikatakan dampak negatif yang dirasakan selama menggunakan media sosial Twitter adalah mudah terpancing untuk mempercayai berita hoax/belum dan/atau tidak terbukti kebenarannya/palsu, dapat menimbulkan perasaan kurang nyaman karena di Twitter penggunanya cenderung menggunakan bahasa yang kurang sopan dan kurang terfilter. 
    Berdasarkan hasil survei dengan menarik kesimpulan yang sama dari responden yang bersedia menjawab serta bersama responden yang masih sama pula, maka hal tersebut dapat dikatakan dampak negatif yang dirasakan selama menggunakan media sosial Instagram adalah seseorang dapat memiliki perasaan FOMO/Fear Of Missing Out perasaan seperti hidupnya tertinggal dari orang lain, sehingga tidak fokus dalam mengembangkan dirinya sendiri. Dampak lainnya yang disebutkan yaitu memicu rasa/sikap kurang bersyukur, kurang percaya diri dan saat ingin seperti orang lain/insecure terhadap pencapaian orang lain.

8. Apa media sosial yang paling berpengaruh baik menurut kamu
    Berdasarkan hasil survei, 3 media sosial yang paling berpengaruh baik yaitu WhatsApp dengan responden pemilih sebanyak 119 responden (43,8%), diikuti oleh Twitter dengan responden pemilih sebanyak 44 responden (16,2%), dan Youtube serta Instagram dengan jumlah responden pemilih yang sama sebanyak 25 responden (9,2%). Dalam survei ini, Twitter termasuk ke dalam tiga media sosial yang paling berpengaruh buruk dan berpengaruh baik


9. Mengapa media sosial tersebut berpengaruh baik menurut kamu?
        Berdasarkan responden yang bersedia untuk menjawab, berikut merupakan 3 alasan teratas WhatsApp sebagai media sosial berpengaruh baik posisi pertama: 
        Berdasarkan responden yang bersedia untuk menjawab, berikut merupakan 3 alasan teratas Twitter sebagai media sosial paling berpengaruh baik posisi kedua:

        Berdasarkan responden yang bersedia untuk menjawab, berikut merupakan 3 alasan teratas Youtube dan Instagram sebagai media sosial paling berpengaruh baik posisi ketiga:

10. Apa dampak positif yang kamu rasakan selama menggunakan media sosial tersebut?                   Berdasarkan hasil survei, dampak positif yang dirasakan dari penggunaan media sosial WhatsApp adalah dapat terhubung dengan orang-orang sekitar seperti keluarga, teman, dosen, maupun guru, serta mendapatkan informasi, mengetahui kabar orang lain, berkuliah secara daring, menjalin pertemanan, dan sebagai media sosial yang dapat dikatakan privasi. 
    Dampak positif yang dirasakan selama menggunakan media sosial Twitter adalah responden merasa mudah mendapatkan info baru, inspirasi, berita, menumbuhkan sikap kritis, dan sebagai media hiburan.     Sedangkan dampak positif yang dirasakan selama menggunakan media sosial Youtube dan Instagram yaitu dapat update informasi mengenai lomba, beasiswa, seminar, pelatihan, dan sebagai media belajar. 

11. Seberapa kecil dan besarnya dampak media sosial dapat mengubah kehidupan seseorang menurut kamu?
    Kesimpulan dari survei diatas menyatakan bahwa media sosial dapat sangat berpengaruh dalam mengubah kehidupan seseorang, dengan jumlah responden sebanyak 113 orang. Sebanyak 113 responden menyatakan bahwa media sosial berpengaruh dalam mengubah kehidupan seseorang dan sebanyak 40 responden menyatakan bahwa media sosial cukup berpengaruh, serta 5 responden menjawab bahwa media sosial sedikit berpengaruh sedangkan 1 responden menjawab media sosial tidak berpengaruh. 

12. Seberapa baik atau buruk penggunaan media sosial saat ini menurut kamu? 
    Dari survei dapat disimpulkan responden yang menyatakan bahwa penggunaan media sosial itu netral (ada baik dan buruknya) yakni sebanyak 126 responden, lalu sebanyak 95 responden menjawab bahwa penggunaan media sosial itu baik, sedangkan 27 responden menjawab penggunaan media sosial sudah sangat baik. Selanjutnya sebanyak 19 responden menyatakan bahwa penggunaan media sosial masih kurang baik dan sebanyak 5 responden menyatakan bahwa penggunaan media sosial itu sangat buruk.

13. Menurut kamu bagaimana cara penggunaan platform media sosial yang bijak dan baik? 
        Dari survei dapat disimpulkan bahwa cara penggunaan platform media sosial yahng bijak dan baik yakni dengan membatasi waktu yang dihabiskan di media sosial, setiap kita membuka platform media sosial, pastikan memiliki tujuan dan waktu yang terbatas untuk menggunakannya sehingga kita menggunakan media sosial tidak terlalu lama. Memilih platform media sosial yang tepat: Setiap platform media sosial memiliki kegunaan dan audiens yang berbeda, memiliki dampak negatif dan positif juga 3. mempertimbangkan keamanan dan privasi : pastikan kita memahami dan memanfaatkan fitur keamanan dan privasi pada platform media sosial, seperti menonaktifkan lokasi dan menggunakan kata sandi yang kuat. mengetahui batasan sejauh mana medua sosial dapat berdampak bagi kehidupan kita sehingga tidak akan merugikan diri sendiri ataupun orang lain 

Membatasi waktu penggunaan medsos, mengikuti orang/platform/publik figur yang membawa manfaat, usahakan untuk tidak mengikuti trend karena akan capek, serta bagikan informasi tentang diri kita seperlunya saja. 

14. Apa yang kamu harapkan terkait dengan keadaan media sosial di masa mendatang? 
      Dapat diambil kesimpulan bahwa responden mengharapkan bahwa inovasi-inovasi yang ada dimasa depan khususnya dalam platform media sosial dapat mempermudah dalam kegiatan sehari-hari, juga berharap nantinya semoga setiap orang bisa memanfaatkan dengan baik dan bijak dalam menggunakan media sosial. Responden juga berharap semoga bisa menghasilkan aplikasi-aplikasi yang lebih maju dan canggih, bukan hanya sebagai sarana untuk adu pencapaian namun semoga media sosial bisa menjadi sarana edukasi yang baik dan tepat. Tak hanya itu responden juga berharap nantinya media sosial lebih terjaga keamanannya.



Tim Riset LPM Publica Health



No comments