Masukkan iklan disini!

TIGER ROAR (Auman Harimau) - Teknik Penguasaan Massa Mencegah Kebrutalan Lanjut


Sumber: Viva.co.id

Bila massa berkumpul banyak, maka jati diri seseorang sering berganti dengan jati diri komunal yang kadang berbeda dari jati diri asli. Dari rasa ewuh sopan menjadi arogan beringas seperti emosi massa yang muncul. Hal ini sering muncul dari rasa jengkel, marah yang seperti dengungan lebah yang makin lama menguat menjadi kekuatan perusak.

Dalam dunia binatang sering terjadi hal ini, satu ayam dengan lain berkelahi atau kelompok monyet dengan kelompok lainnya.

Dalam sepak bola kecil pun ini sering terjadi, hingga suatu saat kami tertegun dengan loud speaker panitia bola kampung saya dengan suara keras menenangkan penonton. Persis seperti ketika ayam hutan berkelahi, akan bubar ketika mendengar AUMAN SINGA. Maka dalam konteks ini saya sebut AUMAN SINGA (TIGER ROAR). Sering ketua panitia menenangkan dengan salawat, dengan istigfar bahkan kalau ada provokator maka ditunjuk tunjuk dengan suara keras diperingatkan dan pada khalayak diberitahu jangan ikutan hal itu. Bahkan kadang minta pengaman agar keluarkan orang pengganggu di lapangan. Begitulah sistem TIGER ROAR digunakan untuk menenangkan massa.

Dalam demo, sering juga tiger roar digunakan untuk semangati bahkan provokasi. Sering pejabat yang pintar justru tidak lari tetapi justru datangi dan pegang mikrofon kuasai TIGER ROAR sehingga khalayak sadar dan tidak anarkis.

Dengan sound system lapangan yang kini canggih, maka konsep ini bisa digunakan untuk tenangkan massa dan petugas keamanan yang over akting.

Demikian inspirasi kami untuk team TGPF bola Indonesia






Salam,                                                                                                    Semarang, 4 Oktober 2022
Budi Laksono
Ika Undip Semarang

No comments