Masukkan iklan disini!

Undip Mengajar : Gerakan Sehat Untuk Siap Sekolah


(Dokumentasi Pribadi)

Gerakan Undip Mengajar (GUM) merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh bidang pengabdian masyarakat BEM Undip. Kegiatan ini berfokus pada bidang pendidikan anak sekolah dasar (SD) khususnya di daerah dengan kriteria 3T (Terpencil, tertinggal, dan terbelakang) di Provinsi Jawa Tengah, yang dilaksanakan pada 27 September – 3 Oktober 2021 di Kabupaten Banjarnegara.

Sektor pendidikan, merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid–19, dengan berlakunya tatap muka langsung digantikan dengan tatap muka online. Hingga Situasi pandemi Covid-19 mulai dapat dikendalikan pada Agustus 2021. Dibuktikan dengan dimulainya Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) di daerah-daerah. GUM Banjarnegara hadir dengan membawakan 4 program unggulan, salah satunya adalah kelas kesehatan dengan menyampaikan aktivitas perilaku hidup bersih dan sehat guna meningkatkan derajat kesehatan siswa dalam menghadapi Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) yang sudah mulai dilaksanakan di tingkat pendidikan sekolah dasar.

Gerakan Sehat Untuk Siap Sekolah merupakan perwujudan dari kelas kesehatan dengan melaksanakan 3 program turunan berupa : Aku Sehat Kamu Sehat, Ayo Vaksin Untuk Lindungi Diri, dan Vaksin Ampuh Protokol Tetap Patuh. Program tersebut digagas oleh Wahyu Candra R, Adelia Putri, dan Bian Ganda A (mahasiswa FKM angkatan 2018).

“Program-program tersebut adalah wujud pengabdian kesehatan mengingat tindakan preventif berupa upaya pencegahan adalah cara paling mudah dan efektif untuk mengurangi kemungkinan tertular Covid-19, pada masa Pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) saat ini. Maka Program sosialisasi gerakan sehat untuk siap sekolah dalam masa pandemi Covid-19 adalah solusi pengabdian masyarakat yang berfokus pada dunia pendidikan sekolah dasar, dalam rangka antisipasi klaster Covid-19 pada masa PTMT di dunia pendidikan khususnya wilayah pendidikan Kec. Wanayasa Kab. Banjarnegara.” Ujar Wahyu Candra. (Wahyu Candra)

No comments