Masukkan iklan disini!

Perbaiki Pola Tidur Selagi Libur Semester, yuk!



Sumber : Pinterest

Seorang mahasiswa tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya begadang atau berjaga tidak tidur sampai larut malam. Bahkan, begadang telah menjadi rutinitas bagi sebagian mahasiswa selama masa perkuliahan, terutama pada masa Ujian Akhir Semester (UAS).

Berdasarkan kuesioner yang telah dibagikan, terdapat 95,2% mahasiswa yang mengalami kurang tidur selama masa UAS. Mahasiswa sendiri termasuk ke dalam kelompok dewasa dengan rentang usia 18-40 tahun yang membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam per harinya. Tidur diperlukan oleh tubuh untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Apabila kebutuhan tidur tidak tercukupi, tentunya akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh itu sendiri.

Menurut Kementrian Kesehatan, terdapat beberapa ancaman yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur. Ancaman tersebut di antaranya adalah kehilangan konsentrasi, peningkatan stress, penuaan kulit, serta berpotensi mengundang berbagai penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.

Berdasarkan kuesioner yang telah dibagikan, mahasiswa dengan waktu tidur yang kurang akan  mengalami pusing, lemas, suasana hati yang kacau, mata memerah, mata panda, bahkan pegal linu. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pola tidur bagi mahasiswa untuk mengindari dampak-dampak negatif tersebut.

Memperbaiki pola tidur sangat memungkinkan untuk dilakukan oleh mahasiswa pada masa liburan semester seperti saat ini. Akan tetapi, sebanyak 35,7% mahasiswa yang mengisi kuesioner mengaku mengalami kesulitan dalam memperbaiki pola tidurnya.

Adapun tips sederhana untuk memudahkan kita dalam upaya memperbaiki pola tidur adalah sebagai berikut:

Tetapkan waktu tidur yang teratur
Jam tidur yang berantakan dapat mengganggu jam biologis tubuh. Susun jadwal tidur sesuai anjuran, yaitu 7-8 jam.

Kuatkan niat dan komitmen
Tanamkan alasan yang kuat untuk memperbaiki pola tidur.

Hindari konsumsi kopi, rokok, dan alkohol
Kafein dan senyawa lain di dalam kopi, rokok, dan alkohol dapat menjadi simulan bagi pusat syaraf manusia hingga menyebabkan susah tidur. Lebih disarankan untuk minum air putih.

Sempatkan untuk berolahraga setiap hari
Tubuh yang selalu aktif akan sangat membantu dalam menciptakan tidur yang nyenyak di malam hari. Hindari olahraga menjelang waktu tidur, agar tubuh dapat rileks.

Matikan dan jauhkan gadget dari jangkauan
Bermain gadget seringkali menjadi penyebab seseorang lupa waktu, termasuk waktu untuk tidur.

Atur kondisi kamar senyaman mungkin
Besihkan kamar, atur letak benda-benda dalam kamar senyaman mungkin, dan matikan lampu ketika hendak tidur jika dirasa perlu.

Tenangkan pikiran dan mental
Jangan terlalu banyak memikirkan masalah menjelang tidur, serta atur pernapasan jika perlu.

Nah, itu dia sedikit tips yang bisa dilakukan untuk memperbaiki pola tidur. Selamat mencoba, ya! (Aulya Ulfatad)

Sumber:


No comments