Masukkan iklan disini!

Meraih Pengalaman Berharga di Republik Ceko





(Sumber : dokumen pribadi Anto)

          Steward Febrianto Silitonga atau yang biasa dipanggil Anto ini merupakan mahasiswa FKM Undip yang menjadi salah satu volunteer di Republik Ceko. Anto menjelaskan keikutsertaannya menjadi volunteer berkaitan dengan proyek AIESEC IN PILSEN yaitu EDISON-BREAK CULTURAL BARRIERS. Kegiatan ini dilakukan selama 6 minggu dari tanggal 19 Januari 2020 sampai dengan  1 Maret 2020. Agenda kegiatannya adalah mengajar anak-anak SD hingga SMA di berbagai kota sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia kepada mereka. Tak hanya itu, Anto juga menuturkan bahwa masih banyak kegiatan lain yang dilakukan selama di Republik Ceko, “ Kadang juga ada activities ketemu walikota di daerah tempatku ngajar atau activities bareng sama anak-anaknya.” 
           Alasan Anto mengikuti kegiatan tersebut adalah agar bisa mencermati perilaku dan budaya disana sehingga hal-hal yang baik dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah toleransi para pengguna jalan dimana para pengemudi akan memberikan kesempatan bagi penyeberang secara otomatis.
          Tujuan Anto di masa depan yaitu mendirikan sekolah bagi anak-anak yang tidak dapat bersekolah karena berbagai hal. Tentu pengalamannya sebagai volunteer di Republik Ceko akan sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan mulianya itu. Ia juga mengatakan bahwa butuh keberanian untuk bergerak maju dan mengembangkan diri. Maka dari itu, dalam kegiatan tersebut Anto tidak mengalami kendala apapun karena ia percaya bahwa menjadi diri sendiri dan memiliki niat yang besar akan membantunya beradaptasi dengan lingkungan di sana. “Jangan pernah takut untuk mencoba dan selalu menjadi diri kamu sendiri, kita ga akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup kita. Dari experience-ku, aku bisa mendapat keluarga dan jawaban yang aku cari selama ini. Jangan lupa tersenyum karena senyummu berdampak bagi sekitar,” kata Anto. (Aina Mabrukah)

No comments