Masukkan iklan disini!

Mengapa Harus Memakai Masker?

 
(Sumber : Google)  

Sebelumnya pemerintah menegaskan bahwa hanya orang sakit yang wajib memakai masker saat keluar rumah. Namun, baru-baru ini pemerintah mengimbau kepada semua masyarakat untuk wajib mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO, masker untuk semua. Baik orang sakit maupun sehat tetap wajib memakai masker setiap kali beraktivitas di luar rumah di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Penggunaan masker sangat penting sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penularan Covid-19 karena ternyata banyak orang yang terinfeksi Covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala.

Mengapa harus memakai masker sih? Ternyata memakai masker menjadi sangat penting di tengah mewabahnya Covid-19 karena masker bisa melindungi saluran pernapasan dari penularan virus. Sebab Covid-19 ditularkan melalui percikan atau droplet saat seseorang batuk, bersin atau berbicara. Memakai masker juga dapat mencegah kita menyentuh wajah secara langsung terutama bagian hidung dan mulut. Mungkin saja tangan kita menyentuh benda-benda yang terkena percikan penderita Covid-19. Selanjutnya ketika kita menyentuh wajah, virus yang menempel di tangan dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut.

Hal yang mungkin belum semua orang tahu bahwa masker dapat melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita. Sebab, Covid-19 bisa menginfeksi seseorang tanpa menimbulkan gejala akibatnya orang itu akan menjadi carrier virus dan berisiko untuk menularkannya kepada orang lain. Nah, jika kita tidak ingin menjadi penyebar virus, lebih baik memakai masker apalagi saat berada di tempat umum. 

Pada saat awal covid-19 mewabah di Indonesia masyarakat panik berlebihan hingga berbondong-bondong memborong masker. Imbasnya masker medis yang umum digunakan jumlahnya semakin sedikit dan harga masker mengalami kenaikan yang amat drastis. Sementara tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 lah yang sangat membutuhkan proteksi tinggi karena berisiko besar tertular Covid-19. Untuk itu pemerintah menganjurkan agar masyarakat menggunakan masker kain, sedangkan masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga medis. Meskipun tingkat efektivitas masker kain dibawah masker medis tetapi masih dapat melindungi masyarakat agar tidak tertular maupun menularkan Covid-19. (Neng Rani)

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/sulsel.idntimes.com/health/medical/amp/izza-namira-1/alasan-semua-orang-harus-memakai-masker-regional-sulsel

No comments