Masukkan iklan disini!

Mahasiswa Undip Raih Bronze Medal dalam ASEAN Innovative Science & Entrepreneur Fair (AISEF)



(Sumber : Tim AISEF Undip)

           Tim Universitas Diponegoro berhasil meraih Bronze Medal dalam ASEAN Innovative Science & Entrepreneur Fair yang diadakan di Surabaya pada tanggal 14-16 Februari 2020. Tim tersebut terdiri dari lima mahasiswa, yaitu Agita Christyaji Putra (FSM), Muhammad Faishal Fauzaan (FSM), Miftah Hanif (FKM), Vanessa Rizky Aditya (FKM), dan Riski Lailia Ramadina (FKM). ASEAN Innovative Science & Entrepreneur Fair merupakan salah satu ajang perlombaan sains dan pengetahuan tingkat ASEAN yang pada tahun 2020 diikuti oleh enam negara, yaitu Indonesia, Thailand, Filiphina, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.
          Produk yang dibawa oleh tim Universitas Diponegoro adalah masker lidah mertua bagi pekerja di pabrik sepatu dengan tujuan untuk mengurangi paparan benzena selama bekerja. Produk masker ini diberi nama SANS MAS dan telah diuji coba pada dua orang pekerja di pabrik sepatu. Hasil penggunaan SANS MAS terbukti dapat mengurangi paparan benzena dengan indikator adanya kenaikan pH pada kedua pekerja. Setelah melakukan penelitian dan menciptakan produk SANS MAS, tim tersebut juga melakukan presentasi di depan juri melalui poster.
          Melalui ajang ini pula, tim Universitas Diponegoro mendapat banyak pengalaman baru, pengetahuan baru, serta saran pengembangan produk dari para juri. Oleh karena itu, mereka berencana meneruskan penelitian SANS MAS untuk lomba-lomba berikutnya. 
“Terus membuat inovasi dan mengikuti event lomba supaya kita lebih tahu tentang perkembangan yang sudah ada dan dapat mengharumkan nama universitas,“ pesan Vanessa. (Aina Mabrukah)

No comments