Masukkan iklan disini!

Para Mahasiswa K3 Undip Melakukan Praktikum Inspeksi Alat Kebakaran

 

Sumber: Dokumentasi Pribadi

    Kebakaran merupakan salah satu bencana yang dapat menimbulkan kerugian besar, baik dalam hal harta benda maupun jiwa manusia. Untuk meminimalisir risiko tersebut, diperlukan upaya pencegahan yang efektif, salah satunya dengan inspeksi alat proteksi kebakaran. Proteksi kebakaran adalah elemen kritis dalam menjaga keselamatan bangunan dan penghuninya. Alat proteksi kebakaran seperti alat pemadam api ringan (APAR), sistem sprinkler, detektor asap dan sistem alarm kebakaran, hydrant yang dirancang untuk mendeteksi dan memadamkan api sebelum mencapai tingkat yang membahayakan. Inspeksi alat proteksi kebakaran adalah proses penilaian dan pengecekan alat-alat tersebut untuk memastikan bahwa alat-alat tersebut berfungsi dengan baik dan siap digunakan dalam keadaan darurat.

    Inspeksi alat proteksi kebakaran di gedung dekanat baru Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kelayakan alat proteksi kebakaran dalam mendukung keselamatan penghuni gedung. Inspeksi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam mengenali dan mengevaluasi sarana proteksi kebakaran. Inspeksi dilakukan dengan mengikuti standar keselamatan yang berlaku, melibatkan pemeriksaan alat-alat seperti alat pemadam api ringan (APAR), sistem alarm kebakaran, hydrant, dan sistem pendeteksi kebakaran.

    Melalui mata kuliah Keselamatan Kerja yang didapatkan di semester 2, mahasiswa diharuskan untuk mengetahui alat-alat proteksi kebakaran. Dengan penjelasan dari petugas Dinas Kebakaran Kota Semarang para mahasiswa diberikan bekal mengenai pengetahuan tentang alat-alat proteksi kebakaran yang ada di gedung FKM. (Hardika Megantriadya Nugroho)

No comments