Masukkan iklan disini!

Inovasi Tim KKN-T PPK Ormawa LPM Publica Health bersama Kader Mengupayakan Pencegahan Stunting

Sebagai Media Promosi Pencegahan Stunting, Tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health  Melaksanakan Pendampingan Pembuatan Poster pada Kader Kesehatan Kelurahan Meteseh


Sumber: Dokumentasi tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health

Menurut Kementerian Kesehatan RI (2018), stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini menyebabkan anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan mengalami keterlambatan dalam berpikir. Menurut data Forum Kesehatan Kelurahan Meteseh tahun 2022 menunjukkan bahwa terdapat 18 anak mengalami stunting di Kelurahan dan ada 1 balita yang lolos stunting per Juli 2023. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang harus segera diatasi dan perlu mendapat perhatian lebih.

Sebagai langkah promotif dan preventif stunting, tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health melaksanakan pendampingan pembuatan poster kesehatan pada Kader Kesehatan Kelurahan Meteseh. Inovasi yang dibawa oleh tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health adalah upaya promotif dan preventif pencegahan stunting melalui media digital yaitu poster.

Kegiatan ini dihadiri oleh total 30 Kader Kesehatan dari berbagai RW di Kelurahan Meteseh. Pendampingan pembuatan poster kesehatan pada kader kesehatan ini dilakukan selama dua hari. Pelaksanaan hari pertama yaitu pada tanggal 14 Agustus 2023 dari pukul 15.30 - 17.30 WIB dengan dihadiri perwakilan kader kesehatan dari RW 1 - 15 dan pada hari ke dua yaitu pada tanggal 15 Agustus 2023, kegiatan dihadiri oleh perwakilan kader kesehatan RW 16 - 31. Pendampingan ini bertempat di balai RW 20 Kelurahan Meteseh.

Sumber: Dokumentasi tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health

Kegiatan ini dimulai dengan penyampaian materi oleh tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health. Materi yang diajarkan meliputi pentingnya media sosial sebagai upaya kampanye anti stunting. Selanjutnya, kader kesehatan diberi kesempatan langsung untuk membuat Poster Kesehatan yang didampingi oleh tim KKN tematik PPK Ormawa LPM Publica Health. Sebagai alat ukur untuk mengetahui peningkatan pengetahuan mengenai poster kesehatan setelah dilakukannya pendampingan, maka diadakan pula pre-test dan post test untuk mengetahui sejauh mana kader kesehatan menerima informasi yang disampaikan oleh tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health.

Acara pendampingan ini berjalan dengan lancar. Kader Kesehatan begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kader kesehatan juga aktif bertanya saat proses pembuatan poster “Saya senang karena bisa praktek membuat poster yang dapat dibagikan ke masyarakat” Ucap salah satu perwakilan kader kesehatan yang mengikuti pendampingan ini.

Dengan diadakannya program ini, tim KKN Tematik PPK Ormawa LPM Publica Health berharap dapat menjadi jembatan atau suatu langkah terciptanya upaya promotif dan preventif dalam pencegahan stunting melalui media digital poster.

 

No comments