Masukkan iklan disini!

Kasus Dokter Gadungan di RS PHC Surabaya : Bagaimana Kelanjutannya?


Sumber : freepik.com



Media sosial saat ini tengah dihebohkan dengan adanya kasus dokter gadungan di Rumah Sakit Pelindo Husada Citra Surabaya. Kasus ini menjerat seorang dokter laki-laki bernama Susanto atau S. Awal mula S dapat bekerja di RS PHC sebagai dokter bermula dari lolosnya S pada proses rekrutmen daring pada tahun 2020. S ditugaskan di Klinik Keselamatan dan Kesehatan Kerja PT Pertamina EP IV Cepu  dengan gaji Rp7.500.000 per bulan.


RS PHC Surabaya menyadari bahwa berkas lamaran yang digunakan oleh S palsu pada saat S akan memperpanjang kontrak kerjanya pada April 2023 lalu. Berkas lamaran yang digunakan oleh S pada saat mengikuti proses rekrutmen di RS PHC Surabaya merupakan milik dokter bernama Anggi Yurikno yang bekerja di salah satu rumah sakit yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 


Diketahui S mencuri data dokter tersebut dari sebuah situs. Data yang dicuri olehnya antara lain Surat Izin Praktik (SIP), Ijazah Kedokteran, Kartu Tanda Penduduk, Sertifikat Hiperkes, dan mengubah semua foto pada dokumen-dokumen tersebut tanpa mengganti isinya.


Setelah kasus ini diselidiki lebih dalam, diketahui bahwa S merupakan lulusan SMA dan sudah beberapa kali melakukan tindakannya dengan memalsukan Surat Tanda Registrasi (STR), serta berkas lain ketika melamar ke fasilitas kesehatan yang dituju.


Kelanjutan dari kasus dokter gadungan yang menyeret S sebagai terdakwa kasus penipuan yang mengaku sebagai dokter adalah adanya sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur pada Senin, 18 September 2023 lalu. S sendiri didakwa dengan melanggar Pasal 378 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun.


S sendiri sesuai dengan pernyataan tertulis PT Pelindo Husada Citra tidak pernah ditempatkan dan melayani pasien secara langsung, melainkan terdakwa S merupakan pekerja yang lebih banyak ditugaskan pada aspek preventif dan promotif.  (Sekbend PH’23)



Sumber : 

Kronologi Terkuaknya Kasus Dokter Gadungan di RS PHC Surabaya, Bermula dari Tracing di Internet. (liputan6). Diakses pada 20 September 2023 dari https://www.liputan6.com/surabaya/read/5397107/kronologi-terkuaknya-kasus-dokter-gadungan-di-rs-phc-surabaya-bermula-dari-tracing-di-internet?page=2 


PN Surabaya Akan Gelar Sidang Tuntutan Susanto Si Dokter Gadungan. (kompas.id). Diakses pada 20 September 2023 dari https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/09/15/pn-surabaya-akan-gelar-sidang-tuntuan-susanto-si-dokter-gadungan 


Fakta-fakta Kasus Dokter Gadungan di Surabaya. (tempo.co). Diakses pada 20 September 2023 dari https://nasional.tempo.co/read/1772555/fakta-fakta-kasus-dokter-gadungan-di-surabaya 


No comments