Masukkan iklan disini!

Olahraga "SNACK" Untuk Tubuh Sehat

Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang khususnya wanita, terkadang seseorang yang sibuk dengan kegiatannya seperti perkuliahan, pekerjaan rumah dll tidak mempunyai waktu untuk berolahraga. Padahal berolahraga tidak membutuhkan waktu yang lama, berolahraga dalam waktu singkat cukup untuk membuat tubuh sehat dan ideal serta kesehatan mental tetap terjaga. Yang terpenting adalah kekonsisten-an dalam melakukan olahraga. 

Sumber: https://www.mainmain.id
Menurut pakar, olahraga dalam waktu singkat 10-30 menit setiap hari sudah cukup daripada tidak melakukan olahraga sama sekali. Hal ini juga tertera dalam sebuah editorial di British Journal of Sports Medicine tahun 2019 yang menyebut waktu berolahraga selama beberapa menit yang dikenal dengan nama "Olahraga Snack" adalah olahraga dengan skala ringan yang dikerjakan dalam waktu singkat

Berikut jenis "Olahraga Snack" yang patut kamu coba:

1. Push Up

Sumber: https://kelaspjok.com/
Olahraga push up walaupun hanya sebentar saja tapi olahraga ini melibatkan banyak otot yang ada didalam tubuh sekaligus mulai dari otot perut, otot lengan, paha, betis, bahu dan otot bagian bawah lainnya. Dengan melakaukannya secara rutin, otot bisep akan merenggang sehingga otot bisep semakin kuat dan mengurangi risiko cedera pada otot bisep.

2. Sit Up

Sumber: https://www.kompas.com/
Sit up adalah gerakan kita berbaring telentang lalu mengangkat tubuh bagian atas sambil lutut ditekuk sehingga mempunyai fokus kekuatan pada perut. Fungsi utama paling ampuh untuk memperindah bentuk perut karena mengencangkan otot perut dan membuat perut lebih rata. Selain itu, sit up juga melatih otot dada, panggul, pinggang bawah hingga leher.

3. Plank

Sumber: https://pixabay.com/
Plank adalah latihan sederhana dan efektif yang membantu membangun kekuatan dan stabilitas yang berfokus pada seluruh tubuh dengan latihan menahan berat badan yang memosisikan batang tubuh tepat berada dalam garis lurus selama kurun waktu tertentu. Plank bermanfaat mengecilkan perut, mengencangkan otot lengan dan bokong serta membentuk postur tubuh.

4. Stretching

Sumber: https://theinspiredclassroom.com/
Stretching biasanya dilakukan sebagai gerakan pemanasan untuk mempersiapkan otot tubuh dalam melakukan olahraga dengan waktu yang relatif lama. Tapi stretching tidak hanya untuk itu, stretching bisa dilakukan saat tubuh terasa kaku dan pegal sehingga melemaskan/melenturkan kembali bagian bagian tubub yang kaku.

5. Jalan Kaki

Sumber: https://id.wikihow.com/
Berjalan kaki merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja baik untuk mereka yang mempunyai berat badan berlebih maupun berat badan yang kurang karena memang mudah untuk dilakukan. Manfaat dari jalan kaki ini bisa mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan kolestrol serta memperlancar sirkulasi darah. Jalan kaki 30 menit setiap hari sudah cukup untuk membangun rutinitas berolahraga karena akan meperkuat fisik tubuh.

6. Lompat Tali

Sumber: https://www.halodoc.com/
Lompat tali dianggap sebagai permainan tradisional ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan menjadi salah satu jenis kardio yang dianggap efektif. Lompat tali atau yang dikenal dengan nama skipping 15 menit per hari efektif untuk membakar sekitar 200 kalori. 

Selain membakar kalori, jika dilakukan secara rutin, olahraga ini meningkatkan kebugaran dan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan efisiensi pernafasan dan menyehatkan jantung. (Azra Aniqah)

No comments