Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag

Sumber: freepik

Orang dengan Gangguan lambung, seperti maag kerapkali bermasalah saat perut kosong. Oleh karenanya, penderita maag sebaiknya cermat dalam mengatur pola makannya supaya tetap lancar, aman, nyaman, dan tidak menimbulkan keluhan sakit maag selama puasa. Nah, berikut ini beberapa tips jalani puasa bagi kalian yang mempunyai maag.

1. Jangan melewatkan sahur.

Ketika sahur sebaiknya konsumsi karbohidrat kompleks. Konsumsi karbohidrat kompleks ini agar dicerna tubuh lebih lambat, sehingga tidak mudah lapar.

2. Hindari makanan pemicu maag

Makan yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti coklat, kopi, gorengan, makanan berlemak, serta makanan asam dan pedas.

3. Makan dengan Porsi besar dalam satu waktu

Jangan menerapkan kebiasaan ‘makan balas dendam’ dengan porsi besar saat berbuka. Kebiasaan tersebut dapat membuat lambung bekerja lebih keras dan memicu keluhan, seperti perut begah dan terasa penuh. Lakukan dengan bertahap, berbukalah dengan porsi yang kecil dahulu kemudian frekuensinya agak sering sampai jam menuju sahur. Awali berbuka dengan minum air hangat, dilanjut makan buah, kemudian makan berat.

4. Beri jeda antara waktu makan dan waktu tidur.

Jeda waktunya minimal dua jam untuk mencegah naiknya asam lambung yang bisa menyebabkan refluks gastroesofageal. Gastroesofageal merupakan gangguan pencernaan kronis apabila asam dari perut mengalir ke esofagus atau kerongkongan.

5. Cukupi asupan cairan tubuh.

Tubuh membutuhkan 2 liter air per harinya. Untuk memaksimalkannya, gunakan pola 2-2-4, yakni 2 gelas saat sahur (sebelum dan sesudah sahur), 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas pada malam harinya (setelah tarawih dan menjelang tidur).

6. Kontrol anger management

Kendalikan emosi dan kelola stress dengan baik. Hal ini bertujuan untuk mencegah kambuhnya maag yang dapat muncul akibat gangguan kecemasan. Cara untuk mengontrol anger management, yaitu dengan beristirahat sejenak dan lakukan teknik relaksasi, latihan pernapasan, atau yoga.

7. Minum Obat

Saat berbuka dan sahur minum obat maag untuk atasi maag dan mengurangi nyeri karena iritasi asam lambung.

Lakukan beberapa tips di atas agar puasa kamu selalu aman dan lancar! Apabila masih ada keluhan setelah menerapkan tips di atas, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat (Yuninda Fairuz Syifa).



No comments