Masukkan iklan disini!

Heboh Demo 11 April oleh BEM SI, Apa Alasannya?

Sumber gambar : tribunnews.com



Badan Eksekutif Seluruh Mahasiswa atau BEM SI menggelar unjuk rasa nasional di Kompleks Gedung DPR/MPR RI pada hari Senin, 11 April 2022. Sebelumnya, mereka berencana melakukan aksi di Istana Negara, tetapi berpindah karena ingin memastikan DPR melaksanakan konstitusi dengan baik. Pemilihan tempat demo di Gedung DPR RI bertujuan menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait permasalahan yang ada.

Unjuk rasa dilakukan untuk menolak perpanjangan masa jabatan Presiden dan penundaan Pemilihan Umum. Koordinator BEM SI, Kaharuddin, menjelaskan pemindahan lokasi disertai dengan sejumlah pertimbangan, salah satunya karena kunci untuk menutup amandemen Undang-Undang Dasar 1945 tentang masa jabatan presiden adalah melalui lembaga legislatif. 


Empat tuntutan yang disampaikan mahasiswa dalam aksi tersebut, antara lain :

  1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat, bukan aspirasi partai.

  2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

  3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

  4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab. (Majalah PH’22)




Sumber : 

Perubahan Lokasi Demo, Aliansi BEM SI Akan Geruduk DPR pada Pukul 10.00 Pagi. (kompas.tv). Diakses pada 11 April 2022 dari https://www.kompas.tv/article/278709/perubahan-lokasi-demo-aliansi-bem-si-akan-geruduk-dpr-pukul-10-00-pagi 


BEM Seluruh Indonesia Gelar Demo di Gedung DPR Hari Ini. (tirto.id). Diakses pada 11 April 2022 dari https://tirto.id/bem-seluruh-indonesia-gelar-demo-di-gedung-dpr-hari-ini-gq6z 

 


No comments