Grand Opening Rumah Jamur : Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Banyumeneng

sumber : dokumen pribadi

Minggu (26/09/2021) telah dilaksanakan Grand Opening Rumah Jamur yang terletak di Giri Kesumo, RT/RW 13/03 Desa Banyumeneng, Kec. Mranggen, Kab. Demak, Prov. Jawa Tengah. Rumah jamur merupakan tempat untuk menjual produk-produk dari hasil olahan jamur tiram yang mana adalah sumber daya alam yang cukup banyak di daerah Desa Banyumeneng. Jamur Tiram nyatanya bisa menjadi potensi peningkatan ekonomi masyarakat di daerah Desa Banyumeneng. 

Produk yang dihasilkan dari olahan jamur tiram tersebut antara lain ialah; kerupuk jamur, sempol jamur, sate jamur, dan masih banyak lagi. Selain itu, Rumah Jamur pun dapat dialokasikan sebagai pusat perbelanjaan lainnya. Masyarakat di Desa Banyumeneng boleh menitipkan berbagai macam produk usahanya di Rumah Jamur, karena tujuan dibangunnya Rumah Jamur itu sendiri, untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat disana.


sumber : dokumen pribadi

Program ini merupakan salah satu contoh Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) milik BEM FKM Undip yang didanai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud). Publikasi Rumah Jamur itu sendiri sudah tersedia di @mahmur.id baik via Instagram maupun Shopee.

sumber : dokumen pribadi

Grand Opening dihadiri oleh Kepala Desa, Kelompok Masyarakat, Penyuluh Kehutanan, serta masyarakat disana. Acara  diawali dengan pemberian sambutan dari tiap perwakilan, diikuti dengan pemotongan pita dalam bentuk peresmian Rumah Jamur. Harapannya, dengan adanya Rumah Jamur di Desa Banyumeneng, dapat membantu perekonomian masyarakat di sana. (Tim Reportase)

No comments