Masukkan iklan disini!

Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

 

(Sumber: Pinterest)

Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak sekali perubahan bagi kehidupan manusia. Ekonomi, pariwisata, sosial budaya, bahkan dunia pendidikan pun tidak luput dari hal itu. Proses Belajar Mengajar (PBM) yang biasa dilakukan pelajar dengan tatap muka secara langsung agar bisa memperoleh ilmu yang disampaikan oleh para guru ataupun dosen harus diganti dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Berbagai platform yang dapat diakses oleh gawai pun tersedia agar dapat menunjang PJJ.

Pada satu sisi, penggunaan gawai memudahkan berbagai kegiatan, termasuk dalam belajar dan mengakses berbagai informasi selama adanya pandemi ini. Namun, di sisi lain penggunaan gawai dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan permasalahan kesehatan, terutama kesehatan mata.  PJJ yang mengharuskan para pelajar menatap layar gawai dengan jangka waktu yang lama tentunya berdampak terhadap kesehatan mata para pelajar.

Untuk meminimalisir dampak tersebut, berikut ini merupakan tips-tips untuk menjaga kesehatan mata:

  • Gunakan Aturan 20 : 20 : 20
Tiap kali menatap layar gawai selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang benda sejauh 20 kaki (6 meter).

  • Mengatur Tingkat Kecerahan Layar
Aturlah tingkat kecerahan layar di mana tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Atur kecerahan agar nyaman dipandang mata, misalnya pada tingkat 50 persen.

  • Gunakan Fitur Eye Protection
Penggunaan fitur eye protection sangat disarankan saat melaksanakan aktivitas menggunakan gawai. Penambahan blue light screen protector atau pelindung layar gawai dengan tambahan pemblokir sinar biru serta penggunaan kaca mata khusus pemblokiran sinar biru (office lens) juga dapat memaksimalkan kerja fitur eye protection dalam hal penyaringan sinar biru. Sinar biru dapat menyebabkan kelelahan pada mata, katarak, dan juga uveal melanoma.

  • Hindari Kebiasaan Buruk yang Dapat Memperparah Kerusakan Mata
Kebiasaan buruk seperti membaca atau mengoperasikan gawai dengan posisi miring atau sambil tiduran dapat menyebabkan mata silindris. Oleh karena itu, hindarilah buruk kebiasan tersebut. (Aisyah Nurul Hidayah)

No comments