Masukkan iklan disini!

Infused Water : Minuman Menyegarkan dan Menyehatkan

 

(Sumber : Google.com)

Infused water menjadi tren gaya hidup sehat yang banyak digemari masyarakat pada saat ini. Infused water merupakan minuman yang terbuat dari air putih yang ditambahkan dengan potongan buah-buahan segar atau herbal yang didiamkan selama beberapa jam hingga sari buahnya keluar. Infused water dapat terbuat dari beberapa jenis buah-buahan segar atau rempah-rempah seperti batang kayu manis, daun mint, dan bahan herbal lainnya. 

Kandungan pada infused water yaitu vitamin, mineral, dan serat yang berperan dalam melancarkan proses metabolisme tubuh. Infused water selain memberikan kesegaran bagi tubuh juga dinilai efektif untuk menurunkan kelebihan berat badan. Air yang tidak mengandung kalori dan buah-buahan yang mengandung serat menjadi kombinasi yang efektif untuk mengurangi kelebihan berat badan.

Infused water lebih menyehatkan dbandingkan dengan jus. Jus dipercaya baik bagi kesehatan tubuh akan tetapi jus buah banyak yang ditambahkan gula sehingga kandungan kalorinya bertambah. Dengan demikian, infused water menjadi pilihan yang tepat untuk mengkonsumsi buah-buahan dengan cara berbeda dan lebih menyehatkan dibandingkan jus buah yang ditambah gula.

Selain menjadi alternatif bagi orang yang tidak suka mengkonsumsi air putih dan buah, infused water juga bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh, mengganti fungsi ion tubuh, sebagai antioksidan, memperlancar proses pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meskipun infused water dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, akan tetapi sebaiknya jangan mengkonsumsi infused water secara berlebihan. Dan pastikan juga buah-buahan yang digunakan masih dalam keadaaan segar.(Neng Rani)

 

Referensi

Soraya, N. 2014. Infused Water: Minuman Alami Bervitamin & Super Sehat.  Penebar PLUS+

Alina, U. S. 2020. Pengaruh Pemberian Infused Water Menntimun Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Takeran Kabupaten Magetan (Doctoral dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun).


No comments