Masukkan iklan disini!

Tetap Aktif Selama Periode Physical Distancing

(Sumber: Google)

Selama melakukan physical distancing, banyak dari kita yang mengalami penurunan aktivitas fisik. Aktivitas fisik di sini tidak melulu berarti olahraga, tetapi juga termasuk ke kegiatan sehari-hari. Jika sebelumnya kegiatan sehari-hari kita sebagai mahasiswa meliputi mondar-mandir dari satu kelas ke kelas lain, sekarang untuk masuk ke kelas hanya perlu dilakukan dengan join meeting bersama dosen.

Aktivitas fisik ini tentunya merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Melakukan aktivitas fisik memberikan manfaat bagi kita baik secara fisik maupun secara mental. Secara fisik, aktivitas fisik dapat membantu menurunkan resiko darah tinggi, membantu dalam mengatur berat badan, menurunkan resiko penyakit jantung serta stroke. Sementara itu, secara mental aktivitas fisik membantu dalam meningkatkan kondisi mental dan dapat menurunkan resiko depresi, resiko penurunan kognitif dan menunda timbulnya demensia.

Menurut WHO, aktivitas fisik untuk orang dewasa (18 tahun ke atas) seharusnya dilakukan paling sedikit selama 150 menit untuk aktivitas yang sedang atau selama 75 menit untuk aktivitas yang berat. Kebutuhan aktivitas fisik ini harus dipenuhi setiap minggunya.

Maka dari itu, ditengah-tengah kesibukan kuliah online, sempatkanlah untuk melakukan olahraga ringan seperti push-up atau sit-up. Untuk kalian yang tidak gemar berolahraga, cobalah untuk menggantikannya dengan kegiatan seperti bebersih rumah atau menari sambil mendengarkan lagu favorit kalian.

Aktivitas fisik tidak harus selalu terasa membosankan atau memberatkan karena kita selalu bisa membuatnya terasa menyenangkan. Jaga selalu kesehatan dan jangan lupa untuk beraktivitas fisik ya! (Raissa Zahra)

No comments