Header Ads

iklann photo desain iklann_zps3y3df7gn.jpg

The 11th ENFUTION : Anak Muda Jangan Takut Untuk Membuat bisnis







(Dokumen Pribadi)

The 11th ENFUTION dari MSA FEB Undip telah terlaksana. Acara ini mengangkat tema “Discover the Meaning of Life Ethics and Mindset to Elevate Industrial 4.0” dengan pembicara Dana Karseno (Direktur Utama Modal Anantara), Haidhar Wurjanto (CEO Simha Group), Delly Nugraha (Vice President Central Java Region Gojek), Tasya Farasya (Beauty Influencer), dan Keenan Pearce (Entrepreneur and Final Speaker). Bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada 15 September 2019.
Dana Karseno mengungkapkan bahwa, Fintech (Financial Technology) pada dasarnya modal bisnis baru dengan mengobrak-abrik bisnis konvensional untuk mendapat peningkatan sebanyak mungkin. Namun masalahnya masyarakat Indonesia tidak siap. Modal Antara adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang membantu masyarakat menengah ke bawah seperti buruh dan petani dengan menggunakan fintech.
Haidhar Wurjanto memulai bisnisnya semenjak usia 18 tahun. (Foresthree, Momomilk, Mozza, Foresthreecoffee [es kopi susu pertama yg akan ke luar negeri]). Baginya, berbisnis itu pilihan keras, kerja cerdas dan keep it simple. Kenapa bisnis makanan bisa jadi primadona bisnis sekarang? Hal tersebut dikarenakan exposure yang tinggi, mudah dibagi, dan tiap orang butuh makan, tetapi banyak juga pesaing yang bisa masuk bahkan mudah meniru (plagiat). Luck adalah adanya peluang dan kita mengambilnya. Is business hard? That’s up to you.
Delly Nugraha, mengungkapkan Gojek adalah perusahaan solusi (solve) untuk mendorong perekonomian Indonesia. Gojek dirasa banyak memberi social impact. Sangat berdampak pada driver dan UMKM. Adapun Tips and Trick Membangun Bisnis Startup yaitu memiliki mindset entrepreneur dengan mempunyai pola pikir membantu orang dan bermanfaat serta mau menerima kritik dan saran dari orang lain, memiliki jiwa pemimpin dan action, karena percuma jika hanya memiliki rencana tapi tidak direalisasikan.
Bagi beauty influencer, Tasya Farasya, semua pekerjan pasti ada tantangannya, bisnis itu tentang lebih percaya diri sendiri, tahan banting dengan omongan orang. Jika ingin tetap unggul, buatlah jadi berbeda dan original, lakukan yang disukai, dan tahu apa yang orang butuhkan. Mulai saja dulu, jangan ragu mencoba.
Yang terakhir, Keenan Pearce, mengatakan bahwa mencari teman itu perlu yang produktif. Trisula, project barunya lebih fokus ke dalam daripada keluar. Buatlah long term plan, buat rencana apa yang ingin dilakukan secara matang sehingga tantangan-tantangan bisnis bisa terlewati. Tantangan pasti akan selalu hadir. Jika dalam berbisnis tujuannya hanya untuk memperoleh uang, maka akan terjadi persaingan yang tidak sehat. Dan tetap ingat tujuan utama.
How we can get people to connect each other, educate human resources, dan optimist to solve problem.
(Alya B, Fika)

No comments