Header Ads

ad

Tips Liburan Zero Cost


sumber: google.com
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk merekatkan kembali kedekatan bersama keluarga setelah sekian lama tidak berkumpul, di antaranya dengan berlibur ke tempat-tempat wisata. Namun, tidak selamanya waktu liburan dapat kita habiskan dengan berlibur ke tempat wisata. Salah satu alasannya, sih, karena biaya. Masih banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan bersama keluarga, sahabat, dan diri kita sendiri. Eitss, mengisi liburan bersama diri sendiri tidak kalah serunya, loh, dan pastinya low budget atau bahkan tanpa biaya sedikit pun! Berikut ini beberapa tips liburan yang bisa kalian coba:

1. Melakukan hobi yang tidak sempat dilakukan saat kuliah. Misalnya memasak dan mencoba resep-resep baru.
2. Belajar bahasa asing. Tidak harus selalu dengan kursus, kamu bisa dengan mudah belajar melalui aplikasi yang di-install di smartphone. Banyak aplikasi gratis belajar bahasa yang sudah cukup interaktif dan menyediakan puluhan hingga ratusan bahasa di dunia, misalnya Duolingo, HiNative, dan Memrise. Walaupun hasilnya tidak semaksimal dibanding kursus, namun lumayan loh hitung-hitung bisa menyicil jika kamu ingin ke luar negeri.
3. Kerja part time, bisa untuk menambah uang jajan kamu atau ditabung untuk liburan selanjutnya nih!
4. Melakukan kegiatan amal. Kegiatan amal ini bukan hanya bersedekah atau memberikan makanan gratis, melainkan juga bisa dilakukan dengan kegiatan-kegiatan positif di panti asuhan misalnya mengisi kegiatan bersama keluarga atau sahabat dan bermain bersama anak-anak di sana, yang tentunya membuat penghuninya merasa senang dikunjungi.
5. Mencoba DIY (Do It Yourself). Banyak loh referensi DIY yang ada di internet dan bahannya dari barang-barang yang ada di rumah nih. Hasil karyamu akan lebih bagus lagi jika berasal dari ide sendiri, apalagi jika diproduksi dalam jumlah yang lumayan banyak kemudian bisa dijual.

Penjelasan tadi merupakan sedikit tips yang bisa dilakukan jika kamu sudah merasa bosan dengan liburanmu yang itu-itu saja. Selamat mencoba dan selamat berlibur! (Alfandira Ristantya)

No comments