Jelang Pengisian KRS dan Evaluasi Pembelajaran, Senat Mahasiswa Adakan Simulasi ke Kelas-kelas

Photo: PH

Rabu (13/1) Melihat banyaknya pertanyaan mengenai masih bingungnya pengisian Sistem Informasi Akademik (SIAkad) untuk MABA membuat Senat Mahasiswa 2015 inisiatif untuk mengadakan simulasi ke kelas-kelas. Jadwal pengadaan simulasi yaitu kelas A pukul 09.00 WIB dan kelas C pukul 10.00 WIB di ruang D 201. Sedangkan untuk kelas B pukul 09.00 WIB disusul kelas D pukul 10.00 WIB di ruang B 201.
Selama proses simulasi, mahasiswa diarahkan bagaimana langkah-langkah pengisian SIAkad tersebut mulai dari alamat website yang digunakan, tata cara login yang benar hingga semua data-data yang harus diinput selesai. Pengisian KRS dan Evaluasi Pembelajaran ini dapat diakses untuk wilayah Undip melalui alamat http://siakad.undip.ac.id, sedangkan untuk luar wilayah Undip melalui alamat http://sia.undip.ac.id.  Namun untuk sementara waktu alamat website di wilayah luar Undip belum bisa diakses.
Senat juga memberitahukan jadwal-jadwal penting yaitu jadwal pengisian Registrasi Akademik berlangsung tanggal 18 Januari sampai 8 Febuari 2015 sedangkan untuk pengisian KRS dan Evaluasi Pembelajaran berlangsung tanggal 20 januari sampai 9 Febuari.
Proses pertama yang harus dilakukan mahasiswa adalah masuk melalui alamat tersebut. Pilih Program Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat, fatal akibatnya jika sampai salah memilih. Kemudian, login menggunakan NIM untuk ID masuk dan tanggal lahir untuk password. 
Setelah melakukan login untuk mengisi Evaluasi Pembelajaran (dosen) dengan gunakan alamat website http://evaluasi.undip.ac.id, kemudian login kembali, di dalamnya terdapat nama-nama dosen serta mata kuliahnya yang dapat dinilai dengan skala 1-4 yaitu sangat jelek, jelek, baik dan sangat baik. Mahasiswa harus menilai seluruh dosen. Isi sesuai dengan apa yang dirasakan.
                Perihal Pengisian KRS, Senat Mahasiswa 2015 hanya memberikan gambaran sedikit karena website sampai saat ini masih belum bisa diakses sampai tanggal dibukanya pengisian KRS berlangsung. Cara pengisian KRS mudah yaitu pilih Informasi Akademik pada main menu lalu akan muncul halaman pengisian KRS. Di dalam halaman KRS pilih sesuai dengan semester yang saat ini diduduki. Karena banyak kasus dimana mahasiswa salah memilih semester sehingga tidak tercantum namanya saat ujian. Pengisian KRS dan Evaluasi pembelajaran dilakukan setelah melakukan pembayaran UKT.
                Diharapkan dengan adanya simulasi SIAkad ini mahasiswa baru tidak lagi merasa bingung dan tidak mengalami kesalahan pada saat pengisian KRS maupun Evaluasi Pembelajaran. (Heni/Rafika)





Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.