Header Ads

ad

Raker Gama 2014 Melahirkan Gerakan Bersama untuk FKM

Photo : PH
Ada kesibukan yang terlihat di hari-hari terakhir liburan semester ganjil, tepatnya di kampus ungu FKM Undip pada Senin dan Selasa tanggal 24-25 Februari 2014 kemarin. Di ruang gedung D 201-1 digelar Rapat Kerja Keluarga Mahasiswa FKM KM Undip 2014 (Raker Gama FKM KM Undip). Acara ini merupakan kegiatan yang digelar setiap satu tahun kepengurusan sekali. Acara ini bertujuan untuk merencanakan kegiatan Gama selama setahun ke depan supaya semua kegiatan lembaga di FKM berjalan sinergis. Selain itu Raker Gama juga berfungsi sebagai acuan bagi Senat Mahasiwa dalam melakukan pengawasan lembaga selama satu tahun ke depan.

Raker Gama ini dihadiri oleh perwakilan pengurus Senat Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK), serta Komting kelas. Beberapa agenda yang dibahas adalah program kerja setiap lembaga, budgeting, sinergisitas tanggal kegiatan masing-masing lembaga, pelantikan pengurus lembaga, dan kesepakatan membuat gerakan bersama untuk FKM.
Rapat kerja yang berlangsung selama 2 hari tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Menurut Imam Suhada selaku Ketua Senat Mahasiswa FKM, jalannya rapat kerja tahun ini sangat diluar dugaannya. “Melihat pengalaman tahun lalu, Raker Gama suasananya tegang bahkan cenderung panas,” ujar Imam heran saat di wawancara oleh reporter PH (26/2). Ia mengatakan Raker Gama tahun ini berbeda 180 derajat, karena suasana sidang begitu cair dan nyaman tanpa keluar dari tujuan awal.
Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua BEM FKM, Arief Setiawan (27/2), “Dua hari kemarin berjalan dengan sangat kekeluargaan.” Menurut Arief, faktor yang menyebabkan raker berjalan minim adu argumen yang sengit itu karena belum dibahasnya Pedoman Pokok Organisasi (PPO) serta Garis Besar Haluan Kegiatan (GBHK) ditambah lagi dengan sikap masing-masing lembaga yang hampir menghilangkan ego masing-masing demi kebaikan FKM kedepannya.
Masih dalam rangkaian Raker Gama, pelantikan pengurus lembaga yang berlangsung khidmat dihadiri oleh Dekan FKM Undip, Pembantu Dekan III dan Kepala Bagian Kemahasiswaan. Di sela-sela sambutannya, Dekan FKM Undip, Dra. V.G. Tinuk Istiarti, M.Kes, berpesan kepada para mahasiswa yang hadir saat itu untuk memegang teguh sumpah pengurus yang telah diikrarkan.

Selain suasana pembahasan yang kondusif dan cenderung santai dengan sedikit candaan, satu hal lagi yang berbeda dalam pertemuan ini adalah dibuatnya kesepakatan membuat gerakan bersama untuk FKM. Hasil dari kesepakatan tersebut rencananya, akan dilanjutkan dalam pembahasan di forum Rapat Pimpinan (Rapim) Lembaga Kemahasiswaan FKM untuk membahas bentuk konkrit dan konsep secara keseluruhan.
Saat ditanya mengenai harapan, “Semoga FKM lebih baik, mulai dari hubungan dengan birokrasi, nama baik FKM di publik, serta sinergisitas antar lembaga di FKM,” ungkap Imam menutup pembicaraan. (Amalia C. Nafi’ah)

No comments