TR1 : Menguak Sosok "Muslim Ideal"



Training Rohis 1 (TR1) merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh GAMAIS FKM Undip. Kegiatan ini sangat penting karena  berperan dalam menentukan jenjang kaderisasi lembaga kerohisan yang notabene memiliki jenjang kaderisasi yang berbeda dengan jenjang kaderisasi di lembaga lain. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Tembak, 25 November 2012 ini, berjalan sukses dengan membidik 386 mahasiswa baru muslim FKM Undip.
Mengusung tema “Muslim Ideal” Training rohis 1 ini mempunyai tujuan agar peserta dapat memahami dasar-dasar islam dengan baik dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang muslim yang ideal. Hal ini dapat terlihat dari pemberian materi-materi yang yang urgent dan mendasar seperti syahadatain, syumuliyatul islam dan konsep diri.
Meskipun termasuk acara yang rutin dilaksanakan, namun kali ini training rohis 1 hadir dengan konsep yang lebih fresh dan berbeda.   “Konsep acara tahun ini tidak lagi seminar, namun kami menawarkan outbond disamping pemberian materi oleh pembicara, sehingga peserta dapat lebih mendapatkan esensi karena langsung menerapkan materi pada setiap outbond yang dilakukan. Disamping itu hal yang membuat TR1 menjadi lebih istimewa ialah adanya kegiatan mentoring bersama yang telah diramu dalam rangkaian acara TR1,” terang Tomi Ketua panitia TR1 2012 (26/11).
Untuk menyelenggarakan acara TR1 yang baik, tidak mungkin semua berjalan dengan sempurna tanpa ada kendala atau hambatan. Kendala tahun ini adalah tempat outbond dan kurangnya persiapan panitia, “Kendalanya ada pada tempat outbond, karena kebetulan di saat yang sama ada banyak kegiatan yang sedang berlangsung di Lapangan Tembak. Sehingga tempat yang dapat digunakan untuk outbond menjadi kurang luas karena banyak yang telah terpakai oleh kegiatan-kegiatan yang lain. Selain itu persiapan yang mendadak dikarenakan adanya perubahan tanggal pelaksanaan. Mungkin hal itu juga yang menguras tenaga panitia,” ujar Tomi.
“Harapannya setelah mengikuti Training Rohis 1, mahasiswa baru lebih mengenal dan lebih bangga lagi bahwa islam sebagai agamanya, serta mampu menerapkan di kehidupan sehari-hari sebagai seorang muslim yang ideal. Muslim ideal merupakan muslim yang seimbang antara penerapan akidah islam dengan kepentingan kehidupan duniawinya,” kata Tomi menutup wawancara.
Menjadi sosok muslim yang ideal merupakan sebuah tuntutan yang harus dilakukan demi membentuk perubahan yang lebih baik lagi. Semoga saja efek yang di tawarkan pada TR1 ini tidak cepat pudar sehingga dapat mewarnai kehidupan sehari-hari dengan dasar-dasar keislaman yang baik dan menyeluruh. (Tuti N.)




Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.