Konsultasi Kesehatan


Narasumber : dr. R. Djoko Nugroho, M.Sc.


1.   Saya berumur 18 tahun, Bulan Desember dan Januari tidak mengalami mens, tapi alhamdulillah Februari sudah mens. Apa penyebab mens saya tidak teratur?
Jawab : Jika sering tidak teratur, maka disarankan untuk kontrol ke dokter.

2.   a.         Apa yang bisa menyebabkan anak usia 9 tahun dg BB kurang? Padahal setiap hari diberi asupan gizi cukup seperti susu, nasi dengan sayur, serta lauk telur, naget dan sate ayam. Makan 3x sehari. Anak tersebut pernah punya riwayat TB, tapi sudah 7 tahun yang lalu, dinyatakan sembuh dan sekarang sudah tidak sakit-sakitan. BB tidak pernah naik, masih 20kg. Apa yang harus dilakukan pada anak tersebut?

Jawab : Ada 3 kemungkinan penyebab yaitu 1) Adanya flek paru, jika masa kecilnya sudah pernah mengalami TB. Ini yang menyebabkan badan menjadi kurus, maka periksalah ke dokter 2) Faktor pencernaan yang tidak baik, artinya makanan yang dikonsumsi apakah terserap dengan baik atau lewat saja. Jika demikian, maka perlu pemeriksaan ke dokter pula 3) Faktor lain seperti adanya cacing, maka perlu pengobatan (curcumavit dan prolish) atau diberi asupan vitamin tambahan.

b.         Saya pernah hamil dan perut saya sering terasa kesemutan, kata dokter kandungan tidak apa-apa, tapi setelah anak lahir, BB nya hanya 2,5kg. Padahal saat hamil tidak pernah muntah, dan asupan sayur, susu BUMIL dan vitamin dari dokter diminum, kenaikan BB ibu 16kg, TD normal, GD normal. Apakah yang menyebabkan?
Jawab : Kesemutan setelah melahirkan itu wajar karena terjadi peleberan perut yang  diakibatkan oleh ligamen yang melebar. Ini bermula ketika ukuran rahim yang kecil menjadi besar karena adanya janin yang berukuran lebih besar. 
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.