Konsultasi Kesehatan


Narasumber : dr. R. Djoko Nugroho, M.Sc.


1. Kadang-kadang mengalami nyeri di dada sebelah kiri. Rasa nyerinya itu seperti dicengkram kuat. Ini terjadi sangat cepat, rasa nyeri tersebut bisa hilang dalam hitungan detik saja. Yang saya mau tanyakan adalah apakah rasa nyeri yang terjadi pada saya ini berpeluang menjadi penyakit jantung koroner atau tidak? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Jawab: Bukan berarti nyeri dada berhubungan dengan penyakit jantung. Curiga akan menjadi penyakit jantung itu wajar karena payudara kiri berada di antara dada dan jantung. Perlu diingat apakah nyeri terasa saat mens atau tidak. Jika iya maka ada kelainan pada hormon. Jika tidak maka bisa dikatakan gangguan jantung. Jika sudah demikian, perlu pemeriksaan ECOGRAFI untuk mengetahui kelainan kontraksi jantung dan arteri koroner.


2. a. Penyakit kanker merupakan penyakit mematikan di dunia. Kanker bisa terjadi pada wanita/laki-laki. Apa penyebab kanker prostat dan gejala yang sering timbul seperti apa?

Jawab: Sebagian besar kanker disebabkan oleh faktor genetik. Penyebab yang kedua oleh stressing yang berat dan pola makan yang banyak mengandung karsinogen dan zat penyedap yang memacu sel semakin besar. Penyebab lain adalah penyakit yang sudah menjadi kronis dan tidak tertangani hingga tuntas. Kanker prostat bisa disebabkan oleh faktor genetik, virus atau hubungan sex secara berganti-ganti. Gejala yang ditimbulkan yaitu prostat membesar dan mengalami gangguan buang air kecil yaitu kencing tidak tuntas (ada residu). Gejala ini bisa dibuktikan dengan dikeruk dengan TUR di Lab. Patologi Anatomi atau sitostastika/radiasi jika sudah stadium lanjut.

b.         Menstruasi adalah keluarnya ovum dari dinding rahim. Mens terjadi 1 bulan 1 kali. Jika mens terjadi 2 bulan 1 kali, kemanakah ovum yang biasanya dikeluarkan per bulannya, lalu apa yang menyebabkan keterlambatan mens?

Jawab: Mens adalah kejadian hormonal yang salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas. Semakin tinggi aktivitas, mens bisa terjadi 1 bulan, 2 bulan bahkan 3 bulan 1 kali. Faktor makanan, kecil sekali pengaruhnya. Hal ini normal dan tidak masalah.


3. Mengapa saat sebelum dan sesudah haid, mood wanita sering tak menentu dan diawal masa haid beberapa wanita merasa nyeri perut?

Jawab : Mood saat mens dipengaruhi oleh sistem hormonal. Yang terjadi ketika mens bukanlah nyeri perut, namun kontraksi payudara dan rahim. Seringkali terjadi dismenorhae yang disebabkan karena kurang olah raga dan bisa diatasi dengan mengendalikan rasa nyeri.

4. Saya berumur 18 tahun, Bulan Desember dan Januari tidak mengalami mens, tapi alhamdulillah Februari sudah mens. Apa penyebab mens saya tidak teratur?

Jawab : Jika sering tidak teratur, maka disarankan untuk kontrol ke dokter.


5. a.         Apa yang bisa menyebabkan anak usia 9 tahun dg BB kurang? Padahal setiap hari diberi asupan gizi cukup seperti susu, nasi dengan sayur, serta lauk telur, naget dan sate ayam. Makan 3x sehari. Anak tersebut pernah punya riwayat TB, tapi sudah 7 tahun yang lalu, dinyatakan sembuh dan sekarang sudah tidak sakit-sakitan. BB tidak pernah naik, masih 20kg. Apa yang harus dilakukan pada anak tersebut?

Jawab : Ada 3 kemungkinan penyebab yaitu 1) Adanya flek paru, jika masa kecilnya sudah pernah mengalami TB. Ini yang menyebabkan badan menjadi kurus, maka periksalah ke dokter 2) Faktor pencernaan yang tidak baik, artinya makanan yang dikonsumsi apakah terserap dengan baik atau lewat saja. Jika demikian, maka perlu pemeriksaan ke dokter pula 3) Faktor lain seperti adanya cacing, maka perlu pengobatan (curcumavit dan prolish) atau diberi asupan vitamin tambahan.

b.         Saya pernah hamil dan perut saya sering terasa kesemutan, kata dokter kandungan tidak apa-apa, tapi setelah anak lahir, BB nya hanya 2,5kg. Padahal saat hamil tidak pernah muntah, dan asupan sayur, susu BUMIL dan vitamin dari dokter diminum, kenaikan BB ibu 16kg, TD normal, GD normal. Apakah yang menyebabkan?
 
Jawab : Kesemutan setelah melahirkan itu wajar karena terjadi peleberan perut yang diakibatkan oleh ligamen yang melebar. Ini bermula ketika ukuran rahim yang kecil menjadi besar karena adanya janin yang berukuran lebih besar.
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.