Masukkan iklan disini!

Angin Puting Beliung Melanda 4 Kecamatan di Jawa Barat

 

Sumber: Google
 

Pada hari Rabu, (21/2/2024) sekitar pukul 15.58 WIB, fenomena cuaca ekstrem berupa angin kencang yang melingkar melanda wilayah perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kejadian ini mengakibatkan kerusakan pada bangunan, fasilitas umum, kendaraan, dan tumbangnya pohon-pohon besar.

Menurut Erma Yulihastin, peneliti dari Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), angin kencang yang terjadi di Rancaekek, Jawa Barat, dianggap sebagai tornado. Dia menyatakan bahwa bukti paling jelas ditemukan pada skala meso yang lebih dari 2 km, yang mencakup lima kecamatan. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, angin puting beliung tersebut menerjang empat kecamatan, yaitu Kecamatan Rancaekek, Jatinangor, Sukasari, dan Paseh.

Menurut Uka Suska Puji Utama, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, puting beliung yang melanda kecamatan Rancaekek dan Cicalengka menyebabkan kerusakan sebanyak 350 rumah dan membuat 19 warga harus dirawat di rumah sakit (22/2/2024).

Satu hari setelah kejadian, BPBD Kabupaten Bandung segera memberikan bantuan terpal untuk memastikan logistik pemilihan di Kecamatan Cicalengka dan Rancaekek. Ini dilakukan karena bencana tersebut menyebabkan penghentian sementara proses penghitungan suara di tingkat PPK Kecamatan Cicalengka. Menurut Uka Suska Puji Utama, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, puting beliung yang melanda kecamatan Rancaekek dan Cicalengka menyebabkan kerusakan sebanyak 350 rumah. Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, mengatakan bahwa setidaknya 15 KK telah dievakuasi ke tenda darurat yang telah dibuat. (Disprohum 2024)

 

 

Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-7205867/5-fakta-puting-beliung-di-bandung-sumedang

https://news.republika.co.id/berita/s98t7k409/ini-alasan-peneliti-brin-yakin-fenomena-angin-kencang-di-rancaekek-adalah-tornado#google_vignette

https://www.rri.co.id/daerah/566181/ratusan-rumah-rusak-akibat-puting-beliung-di-rancaekek

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240222120633-20-1065893/bpbd-534-bangunan-terdampak-puting-beliung-di-jatinangor-rancaekek

No comments