Masukkan iklan disini!

Hari Gizi Nasional 2024: Cegah Stunting dengan MP-ASI

 

Sumber: Google

Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan rasa kesadaran masyarakat luas di Indonesia. Maka dengan itu terdapat tanggal kesehatan tepat pada 25 Januari 2024 secara rutin merayakan Hari Gizi Nasional (HGN). Melansir dari situs Sehat Negeriku Kemenkes, Hari Gizi Nasional diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi Indonesia hingga akhirnya tersepakati.

Hari Gizi Nasional menjadi momentum penting untuk mengajak semua pihak, mulai dari individu, keluarga, hingga lembaga pemerintah, untuk bersama-sama mengatasi masalah gizi di Indonesia. Pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengusung tema “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogan “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”.

Sesuai dengan keadaan gizi yang sedang marak, kondisi stunting masih menjadi masalah yang marak dan perlunya evaluasi lebih lanjut untuk dapat merendahkan masalah stunting yang tinggi di Indonesia. Hal kecil seperti tema yang di bawa yaitu MP-ASI, dapat diperhatikan bahwa pada pemberian MP-ASI dapat dianjurkan sedini mungkin guna mendapatkan protein dalam jumlah yang cukup. Sehingga tumbuh kembang anak dapat optimal sebagaimana dapat memberikan regenerasi sel tubuh, memperbarui sel darah, dan memperkuat tulang otot anak.

Melalui peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 ini, harapan kedepannya adalah agar masyarakat dapat mengetahui dan sadar lebih mengenai pentingnya Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) guna memenuhi masa protein tumbuh anak, serta untuk mencegah stunting pada anak. (Via, Haura)

No comments