Masukkan iklan disini!

Sering kentut? Lakukan Tips Ini Untuk Mencegahnya!

Sumber: tribunnews
Kentut keluar apabila tubuh mempunyai kelebihan gas yang merupakan hasil dari system pencernaan. Intensitas kentut dalam sehari adalah 5-23 kali. Namun, apabila seseorang sering mengalami kentut, mereka cenderung untuk menahannya.

Menahan kentut biasa dilakukan untuk menghindari rasa malu apabila jika sedang berada di tempat umum maupun saat sedang berada di tempat yang dihadiri banyak orang. Menahan kentut mempunyai dampak yang tidak baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan rasa sakit, kembung dan yang terparah meningkatkan risiko Divertikulitis. Maka dari itu, cara terbaik dengan mengurangi intensitas kentut agar tidak berlebihan. Ada beberapa tips mencegah kentut berlebihan:

1. Menghindari makanan yang menyebabkan gas berlebih

Sumber: hellosehat

Ada beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak dapat dicerna tubuh sehingga memicu gas berlebih. Makanan ini bisa kamu perhatikan, barangkali setiap makan makanan ini, kamu menjadi lebih sering kentut.

  • Brokoli, Kubis & Sayuran tinggi serat
  • Kacang hijau, kacang tanah, dan jenis kacang-kacangan lain
  • Biji-bijian utuh seperti Oat, Gandum dll
  • Minuman berkarbonasi seperti soda dan bir
  • Susu, yogurt, dan produk susu
2. Terlalu cepat mengunyah makanan
Sumber: sariasih

Saat mengunyah terlalu cepat maka aka nada banyak udara yang masuk ke dalam tubuh sehingga udara berakhir di perut dan terperangkat didalamnya. Udara yang terperangkap ini menyebabkan perut kembung sehingga nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk kentut.

3. Mengunyah permen karet

Sumber: klikdokter

Beberapa permen karet mengandung bahan-bahan tertentu, seperti gula alkohol (misalnya sorbitol) atau pemanis buatan (misalnya, xylitol). Bahan-bahan ini dapat mengganggu sistem pencernaan pada beberapa orang, menyebabkan pembentukan gas dan kentut.

Selain itu, dalam proses mengunyah permen karet, udara tertelan dan masuk ke dalam sistem pencernaan. Ini kemudian dapat mengakibatkan penumpukan gas di dalam perut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kentut.

4. Makan dengan porsi kecil

Sumber: food.detik

Apabila kita makan dengan prosi besar yang melebihi dari kapasitas sistem pencernaan maka tubuh perlu bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Proses pencernaan yang intensif ini dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran pencernaan.

Selain itu, makan dengan porsi besar mengandung zat gizi yang kaya serat atau kaya lemak yang bisa memperlambat proses pencernaan dan menghasilkan lebih banyak gas selama proses pencernaan.

5. Jalan kaki setelah makan

Sumber: ameera.republika

Olahraga bisa mempercepat kerja sistem pencernaan karena dapat merangsang gerakan usus atau peristaltic sehingga prosesnya berjalan secara optimal. Olahraga yang disarankan dalam hal ini adalah jalan jalan. Dengan berjalan jalan, gas yang ada didalam tubuh dapat berkurang sekaligus gas keluar secara perlahan lahan sejalan dengan gerakan kaki yang kita lakukan.

Itu adalah beberapa tips yang bisa diterapkan agar tubuh dapat mengontrol untuk tidak mengeluarkan gas dengan intensitas yang sering atau terus menerus. (Azra Aniqah)


No comments