Masukkan iklan disini!

Rektor Nonaktif Unud Diduga Manipulasi Kelulusan Calon Mahasiswa Jalur Mandiri

 

Sumber ; antaranews.com


Pada Jumat, 10 Oktober 2023 bertempat di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Denpasar kasus Korupsi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Universitas Udayana (Unud) menjalani tahap persidangan. Ketiga Pejabat Unud, yaitu Nyoman Putra Sastra, I Ketut Budiartawan, dan I Made Yusnantara mengikuti serangkaian persidangan yang berlangsung.


Selama persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga mengungkap skema penitipan mahasiswa baru (maba) yang dilakukan oleh I Nyoman Gde Antara, rektor Unud yang tidak lagi bertugas. 


Dilaporkan bahwa I Nyoman Gde Antara, rektor Universitas Udayana (Unud) yang tidak lagi bertugas, melakukan kecurangan dalam proses kelulusan siswa yang berminat untuk masuk ke universitas. Ia diduga telah memanipulasi nilai untuk anak-anak yang merupakan anggota DPD dan calon siswa baru jalur mandiri. Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengungkapkan pesan WhatsApp dari Antara yang berkaitan dengan program penitipan siswa baru jalur mandiri selama sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor pada hari Jumat, 20 Oktober 2023. 


Kasus ini menunjukkan bahwa sistem seleksi jalur mandiri "bermasalah, belum cukup dibenahi, dan masih rawan korupsi," kata Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI). Kejaksaan Tinggi Bali memutuskan bahwa Antara telah menggunakan dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) "tanpa dasar" dan menggunakannya "tidak sesuai dengan ketentuan", menyebabkan kerugian negara sebesar Rp443,9 miliar. 


Berdasarkan Permendikbud Ristek Nomor 25 Tahun 2020, PTN diizinkan untuk memungut dana SPI dari calon mahasiswa. Namun, Universitas Udayana atas perintah Gde Antara pernah mewajibkan calon mahasiswa menentukan nominal uang pangkal sebelum mendaftar. Padahal, besaran SPI tidak seharusnya dijadikan dasar untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa. 


Sumber :

https://www.detik.com/bali/hukum-dan-kriminal/d-6994033/cara-rektor-nonaktif-antara-manipulasi-kelulusan-calon-mahasiswa-unud

https://www.detik.com/bali/hukum-dan-kriminal/d-6994140/terkuak-rektor-antara-perintahkan-manipulasi-nilai-luluskan-anak-dpd-di-unud

https://headtopics.com/id/cara-rektor-nonaktif-antara-manipulasi-kelulusan-calon-47300840

https://antaranews.com/berita/3784137/jpu-tipikor-denpasar-rektor-unud-loloskan-maba-titipan-jalur-mandiri

https://www.unud.ac.id/in/daftar-pengumuman.html

https://www.bbc.com/indonesia/articles/c1vq5w732ndo

No comments