Masukkan iklan disini!

Cari Tau Bagaimana Keadaan di Aksi Penolakan UU Ciptaker

Sumber ; dokumentasi pribadi 



Pada Kamis 13 April 2023 ratusan mahasiswa universitas di Semarang melakukan aksi tolak UU Cipta Kerja di DPRD Jawa Tengah. Aksi ini sebagai bentuk protes penolakan Perppu Cipta Kerja yang menjadi UU pada 21 Maret lalu. Sebelum massa bergerak jalan ke gedung DPRD, massa berkumpul terlebih dahulu di titik kumpul yaitu Polda Jateng. Kemudian, massa mulai bergerak menuju gedung DPRD Jawa Tengah. 


Kegiatan aksi diawali dengan jalan bersama, orasi oleh setiap perwakilan mahasiswa dari universitas di Semarang. Pada saat massa ingin memasuki gedung DPRD  melalui gerbang depan, massa mendapatkan siraman water canon dari pihak kepolisian. Sehingga, massa bergerak pindah ke pintu gerbang bagian samping, karena tidak adanya respon dari DPRD. Didepan pintu gerbang samping gedung DPRD, massa melakukan aksi simbolik yakni membuat asap dari ban yang dibakar dan melempar tikus hidup. 


Lalu massa maju untuk membuka gerbang samping, hingga gerbang tersebut berhasil dirobohkan. Setelah dirobohkan pihak kepolisian melemparkan beberapa gas air mata kepada massa. Akhirnya massa berpencar menjauhi gas air mata tersebut ke tempat yang lebih aman, namun terdapat mahasiswa yang tertangkap oleh pihak kepolisian. Akibat kejadian tersebut beberapa mahasiswa mengalami luka-luka dan sesak nafas. Beberapa mahasiswa turut membantu mengobati mahasiswa lainnya yang mengalami luka-luka dan sesak nafas. Setelah keadaan jauh lebih aman, massa pun memutuskan meninggalkan tempat kejadian. 



 

No comments