Masukkan iklan disini!

3 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran, Ampuh!


Sumber: https://www.pramborsfm.com
Lebaran adalah momen yang banyak dinantikan oleh seluruh umat islam setelah mereka menjalani puasa selama 1 bulan penuh. Banyak yang memanfaatkan momen ini untuk silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar, pada acara ini tentu saja akan disedikan beragam makanan yang membuat kita tergiur ingin menyicipinya. Jadi makanan juga hal yang dinantikan saat lebaran. Kebanyakan orang akan makan setiap silaturahmi, beda tempat beda makanan juga. Hal ini menyebabkan banyak yang mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran akrena tidak bisa mengontrolnya. Nah maka dari itu ada X cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kembali berat badan yang naik akibat berlebihan dalam mengonsumsi makanan saat lebaran:

1. Puasa Sunah Syawal

Sumber: https://makassar.tribunnews.com

Setelah merayakan hari kemenangan, kita disunnahkan untuk menjalankan puasa sunaah syawal selama 6 hari. Selain mendapatkan pahala puasa yang setara dengan puasa satu tahun, berat badan kita juga akan terkontrol karena asupan makanan berkurang daripada sebelumnya. Tips nya adalah dengan sahur dan berbuka yang sewajarnya saja agar kita bisa defisit 500 kalori, setidaknya dengan defisit segitu bisa mengurangi 1 kg lemak yang ada dalam tubuh kita.

2. Olahraga Ringan yang Rutin

Sumber: alodokter.com

Berolahraga tidak harus yang ngegym dan memaksa tubuh melakukan senam selama 2 jam berturut turut tetapi bisa dilakukan dari yang mudah seperti berjalan selama 1 jam, olahraga 15 menit dll. Kunci dari olahraga bukanlah durasi tapi kekonsistenan karena kalau terlalu keras olahraga dalam sehari dan setelahnya tidak olahraga lagi maka hasilnya tidak akan tercapai.

3. Makan Manis dari Buah

Sumber: sehatq.com

Jika tiba tiba ingin mengonsumsi makan makanan manis karena teringat dengan makanan favorit dikala lebaran seperti coklat, cookies dll boleh saja kalau hanya satu/dua biji, setelahnya bisa diganti dengan mengonsumsi buah buahan. Selain memberikan rasa manis, buah juga mengandung vitamin yang lebih baik daripada makanan manis olahan dan tentu saja kalori dari buah lebih sedikit sehingga bisa mengontrol berat badan tetap stabil. Banyak loh pilihan buah yang manis seperti mangga, pisang, anggur, nangka dll. (Azra Aniqah)

No comments