Masukkan iklan disini!

Pemanfaatan Tanaman Toga Guna Mendukung Upaya CTPS, Mahasiswa KKN Tematik Membuat Sabun Cuci Tangan Bersama Dengan Warga


sumber : dokumen pribadi

Semarang (28/11) Pada masa pandemi Covid-19 masyarakat diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Upaya ini selaras dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masa pandemi agar masyarakat terhindar dari penularan penyakit dan menjunjung derajat kesehatan di masyarakat.

Adanya banyak potensi di suatu wilayah, menjadikan masyarakat dapat berupaya secara mandiri membangun wilayah yang aman dari penularan penyakit menular. Seperti dengan pembuatan sabun cuci tangan dengan memanfaatkan tanaman toga yaitu Sirih, Sereh, dan Kulit Jeruk sebagai potensi wilayah tempat tinggal guna mendukung upaya cuci tangan pakai sabun (CTPS) di masa Pandemi Covid-19.

sumber : dokumen pribadi

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan persetujuan ketua RT setempat dan edukasi terlebih dahulu terkait program kegiatan. Setelah mendapat persetujuan ketua RT, barulah mensosialisasikan kegiatan serta memberikan sampel produk kepada perwakilan warga khususnya ibu-ibu PKK.

Kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan warga pada akhir pekan (28/11). Respon yang baik didapatkan dari warga seperti ibu-ibu PKK yang antusias membantu dan bapak-bapak yang mencoba produk yang telah dibuat. Warga tidak lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan dilaksanakan.

Reporter : Tassya Aulia Pratiwi (Fakultas Kesehatan Masyarakat)

Dosen Pembimbing :

- Dr. Adi Nugroho, M. Si.

- Dr. Ir. Martini, M. Kes.

No comments