Masukkan iklan disini!

Cegah Penularan Covid-19 dengan Pembuatan Hand Sanitizer Melalui Pemanfaatan Lidah Buaya

 

sumber : dokumen pribadi

SEMARANG – Saat ini, pandemi di Indonesia belum juga dapat dikatakan berakhir. Masyarakat masih perlu upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya dengan Penerapan 3M. Dengan kondisi sekarang ini, banyak masyarakat yang mulai abai mengenai penerapan 3M, terutama dalam mencuci tangan. Sedangkan, mencuci tangan dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan hand sanitizer.

Permintaan produk hand sanitizer di awal pandemi yang tinggi dan sempat kosong di semua toko, membuat masyarakat harus berinovasi menggunakan bahan yang ada pada lingkungan sekitar rumah, yaitu salah satunya pemanfaatan lidah buaya, yang termasuk dalam TOGA.

Wilayah RT 3 RW 2 Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, memiliki 4 (empat) taman TOGA, yang masing-masing dikelola oleh keempat Dawis (Mawar, Melati, Asoka, dan Bougenvil). Melihat adanya potensi TOGA yang belum dimanfaatkan secara maksimal, Mahasiswa KKN pada daerah tersebut membuat program kerja dengan judul “Edukasi Pembuatan Hand Sanitizer dari Ekstrak Lidah Buaya”.

Edukasi ini diharapkan dapat menimbulkan perilaku kebiasaan cuci tangan yang dimulai dari lingkungan terkecil dengan dampak yang diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19. (Vidya Jihan P)

No comments