Masukkan iklan disini!

Perjuangan GERAM dalam Memperbaiki Lingkungan Hidup Jateng


(Sumber : Dokumen Pribadi)

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (LH) Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, masyarakat yang tergabung dalam GERAM (Gerakan Rakyat Menggugat) mengadakan “Panggung Rakyat Menggugat dan Konferensi Pers Hari LH Sedunia di Jawa Tengah” melalui platform zoom meeting dan live youtube GERAM Jawa Tengah pada pukul 13.00 WIB (13/06).

GERAM seringkali mengadakan kegiatan bersama, di antaranya seperti pameran dengan tema "Luka alam Jawa Tengah", peringatan Hari LH Sedunia yang dikemas dalam bentuk Webinar, nonton bareng, hingga penanaman pohon mangrove di wilayah pesisir Semarang-Demak.

Kegiatan “Panggung Rakyat Menggugat dan Konferensi Pers Hari LH Sedunia di Jawa Tengah” diawali dengan musikalisasi puisi. Lalu, dilanjutkan dengar pendapat dari beberapa masyarakat terimbas eksploitasi lingkungan, yakni Hirman (Warga terdampak limbah PT RUM), Arofah (Wadas Melawan), dan Bambang (Sedulur Kendeng). Pendapat yang disampaikan merujuk pada keluhan masyarakat terhadap kawasan industri yang mengganggu kegiatan dan kesehatan masyarakat, seperti bau dari limbah industri, pencemaran lingkungan, serta kebisingan.

“Negara terus menormalisasi kejahatan lingkungan dan justru malah berselingkuh dengan aktor-aktor kapitalis birokrat yang sekarang malah menduduki posisi strategis di Indonesia, sehingga memudahkan mereka untuk memodifikasi hukum guna merusak lingkungan”, ungkap Dr. Hotmauli Sidabalok (Akademisi). (Ruli)

No comments