Masukkan iklan disini!

SUDAH CUCI TANGAN HARI INI? – Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah oleh Mahasiswa KKN TIM 1 Undip 2021



(sumber : dokumen pribadi)

Sumurboto (22/1) – Mahasiswa TIM 1 KKN Undip 2021 telah melaksanakan edukasi CTPS yang benar pada anak usia sekolah. Kegiatan ini dilakukan di TPA Al-Fattah, Sumurboto bersamaan dengan kegiatan mengaji.

Edukasi CTPS pada anak usia sekolah ini merupakan salah satu bentuk pencegahan dari Covid-19 yang tercantum pada 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Selain Itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi dari tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. 

(sumber : dokumen pribadi)

“Sudah cuci tangan hari ini???” merupakan tema yang diusung dari edukasi CTPS ini. Tema ini sebagai alarm pengingat kepada anak usia sekolah untuk selalu cuci tangan pakai sabun dengan benar pada air mengalir. Anak-anak usia sekolah di TPA Al-Fattah diingatkan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah BAB dan BAK, setelah bermain, setelah bepergian dan setelah batuk atau bersin.

Edukasi CTPS dilakukan dengan metode bernyanyi. Metode ini bertujuan agar anak lebih cepat memahami materi dan tidak bosan. Pada edukasi ini dijelaskan mengenai 7 langkah CTPS yang benar, mengapa harus melakukan CTPS dan kapan waktu untuk melaksanakan CTPS. Dari edukasi yang telah dilakukan, 85% dari peserta paham dan mampu melakukan praktik CTPS yang benar. Selain itu, dibagikan juga stiker 7 langkah CTPS agar anak selalu mengingat langkah CTPS yang benar.

Penulis : Rizki Aulia Febriani

Dosen Pembimbing : Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si

No comments