Masukkan iklan disini!

Mahasiwa FKM Undip Buat Karya Tulis Ilmiah Jam Tangan Pengingat Konsumsi Antiretroviral untuk ODHA

 

(Sumber: dokumen pribadi Anindita)

Mahasiswa FKM Undip, Anindita Prajaningrum, berhasil meraih juara 2 pada National Pharmaceutical Competition dengan tema Herbs-Developing in Increasing The Creativy and Innovation of Human Resources yang diselenggarakan oleh Universitas Mataram pada bulan November lalu. Mahasiswa peminatan Epidemiologi ini bersama dengan dua orang temannya dari Teknik Elektro mengangkat karya tulis ilmiah berjudul “Jam Tangan Pengingat Konsumsi Antiretroviral (ARV) bagi ODHA”. Ia menjelaskan bahwa jam tangan tersebut digunakan sebagai pengingat bagi penderita HIV/AIDS untuk mengonsumsi obat karena banyak dari mereka yang tidak patuh dalam pengonsumsiannya.

Dalam pembuatan karya tulis ilmiah, Anin menyampaikan bahwa diperlukannya niat, fokus, referensi yang kuat, serta komunikasi dalam tim. Tahapan perlombaan sendiri dimulai dengan pengumpulan full paper, kemudian seleksi dilakukan dengan menghasilkan 3 finalis untuk melakukan presentasi. Kendala yang dirasakan selama keberjalanan pembuatan karya tulis ilmiah adalah waktu pembuatan yang bersamaan dengan tugas kuliah sehingga Anin menegaskan dibutuhkannya manajemen waktu yang baik.

Anin meyakini bahwa setiap mahasiswa ingin meraih prestasi terutama di luar perkuliahan seperti menjuarai perlombaan. Ia pun menambahkan bahwa setiap orang memiliki jalan masing-masing untuk meraih apa yang diinginkan. “Kita tuh, jangan insecure kalau misal kita gagal atau kita belum seperti teman kita. Justru kita harus tetap berusaha dan belajar sesuai dengan kemampuan kita. Kita berusaha aja sesuai dengan apa yang kita miliki, apa yang kita mampui, Insyaallah itu pasti ada hasil dan manfaatnya,” pesan Anin (Aina Mabrukah)

No comments