Masukkan iklan disini!

Mengenal Lebih Jauh Prodi Baru S1 K3 FKM Undip

 


Sumber ; Google


Belum lama ini sudah beredar terkait keluarnya prodi baru S1 K3 FKM Undip, prodi baru K3 ini pada awalnya hanya terdapat di bagian peminatan FKM Undip. Dengan melalui berbagai pertimbangan dan proses yang panjang akhirnya FKM Undip meresmikan dikeluarkanya prodi baru S1 K3. Namun apa saja yang melatarbelakangi dibentuknya prodi baru K3 ini ? apa saja yang membedakan dengan peminatan K3 sendiri ?, dan masih banyak lagi pertanyaan yang sering ditemukan. Yuk simak lebih jauh penjelasan berikut ini !

 

Setelah melakukan wawancara dengan Ibu Dr.Yuliani Setyaningsih S.KM., M.Kes. yaitu selaku kaprodi K3 menjawab beberapa pertanyaan yang dapat membantu kita untuk mengenal lebih jauh prodi baru ini.

 

Berapa daya tampung prodi baru K3 ini ?

Karena Undip merupakan PTN BH maka semua pertimbangan harus dapat dihitung dengan cermat, termasuk berapa mahasiswa yang dapat masuk untuk membantu mensubsidi segala kebutuhan yang akan digunakan nantinya. Setelah melakukan diskusi dengan dekanat, sekitar 80 mahasiswa baru yang akan ditampung di prodi baru K3 ini. Namun, jumlah tersebut masih dalam proses pertimbangan lagi mengingat ini merupakan prodi baru yang nanti nya akan dilihat terlebih dahulu animo pendaftar, apabila tinggi maka di tahun berikutnya akan ditambah jumlahnya. Jumlah daya tampung mahasiswa baru juga disesuaikan lagi dengan jumlah dosen K3 yang saat ini masih mengajar di peminatan K3 FKM Undip. 

 

Apakah peminatan K3 masih dapat berjalan ?

Setelah melakukan diskusi dengan dekanat dan rektorat, untuk tahun ini masih akan dibuka peminatan K3 FKM Undip sampai dengan berdirinya prodi baru  K3, apabila sudah berdiri  maka peminatan K3 akan dihilangkan. Untuk itu diperkirakan sampai dengan mahasiswa baru tahun 2023 peminatan K3 masih dibuka setelah itu peminatan K3 akan ditutup, namun itu masih menjadi pengajuan awal yang diberikan sehingga perubahan masih dapat terjadi.

 

Kapan rencana diresmikan nya prodi baru S1 K3 ?

Setelah menunggu skala LAM-PTKes yang akan diajukan kembali ke rektorat, diperkirakan tahun ini prodi K3 sudah dapat berjalan melalui ujian mandiri.

 

Apa yang membedakan peminatan K3 dengan prodi baru S1 K3 nanti ?

Dimulai dengan mata kuliah yang berbeda dimana saat ini peminatan K3 hanya mempelajari 40%  dari total mata kuliah K3 di FKM, sementara prodi baru K3 akan mempelajari 60% mata kuliah K3 tetapi masih akan mempelajari dasar-dasar kesehatan masyarakat. Kemudian untuk gelar yang didapat prodi baru K3 setelah lulus nanti juga akan berbeda dari peminatan K3 FKM saat ini. 

 

Apa yang melatarbelakangi dibentuknya prodi K3 ?

Terdapat beberapa keunggulan dari prodi K3 sendiri yang menjadi alasan dibentuknya prodi tersebut, beberapa keunggulan nya seperti : 

  1. Jumlah peminat K3 FKM selalu tinggi setiap tahun nya, sementara daya tampung dari peminatan nya sendiri hanya sedikit
  2. Banyak nya perusahaan yang membutuhkan ahli K3 didalam nya.
  3. Lulusan k3 selalu lulus dengan tepat waktu, bahkan pada saat belum lulus pun sudah ada yang bekerja.
  4. Mempunyai sertifikasi setelah lulus untuk di dunia kerja.
  5. Prospek kerja yang sangat luas. 
  6. Sudah memiliki akreditasi minimum untuk berdiri. 

 

Ibu Yuliani selaku Kaprodi K3, beroptimis prodi baru K3 dapat diluncurkan di tahun 2023 ini. Beliau juga berharap berdirinya prodi baru  K3 dapat berjalan dengan lancar sampai diresmikannya prodi tersebut. ( Destri dan Yuninda )

No comments