SUKSES MENJADI MAHASISWA BARU

Menjadi mahasiswa baru dan menghadapi tempat baru serta kakak-kakak kelas yang asing? siapa takut!! Tentunya dengan persiapan yang baik dan matang, menjadi mahasiswa baru bukanlah sesuatu yang sulit, apalagi dengan adanya kegiatan OSPEK tidak akan membuat kita ketakutan apabila semua sudah dipersiapakan.
Mau tahu apa saja persiapan untuk sukses menjadi mahasiswa baru?
yuk, simak beberapa tips berikut ini :



1. Cepat Beradaptasi.
Perasaan senang dan bahagia ketika kita menyadari sekarang sudah menjadi seorang mahasiswa adalah hal yang wajar, tapi jangan berlarut-larut. Banyak bergaul dan mencari informasi mengenai tempat kita menuntut ilmu, baik itu tentang rule di Flakultas, Jurusan, Himpunan, dll. Adalah salah satu keharusan yang MABA lakukan.



2. Bikin target dan skala prioritas.
Pada semester awal biasanya mahasiswa mulai disibukkan dengan praktek dan banyaknya tugas, disini harus pintar-pintar bagi waktu dan bikin skala prioritas mana yang harus segera diselesaikan. Maka pandai-pandailah mengatur waktu antara kuliah dengan kegiatan-kegiatan ekstern. Sempatkan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas di sela-sela kegiatanmu. Jangan pernah menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam) ketika menghadapi ujian.



3. Berprestasi di Awal Semester
Buatlah prestasi akademik pada semester pertama. Awal yang baik bisa menjadi pemicu uintuk terus berprestasi di semester-semester berikutnya. Yaaa, itung-itung tabungan IP kalo-kalo di semester berikutnya dapet IP jelek. Hehehe...






4. Selektif Memilih Teman
Kemandirian di perguruan tinggi membuat pergaulan sesama mahasiswa cenderung bersifat individualistis. Apalagi kalo kuliahnya tidak memerlukan kelompok, seperti praktikum misalnya. Teman diperlukan untuk belajar, berdiskusi, mengerjakan tugas-tugas kuliah, atau mendapatkan informasi. Karena teman memberikan pengaruh yang cukup besar, maka pilihlah teman yang cocok dan bisa menunjang studimu.



5. Kenali Seniormu
Bersikap baik dan sopanlah terhadap senior. Bukan berarti senior-senior itu gila hormat. Mereka akan lebih bersimpati jika kamu bisa menghargai mereka. Gunanya agar kamu mudah memperoleh pinjaman buku plus soal-soal ujian tahun lalu. Di samping itu kamu bisa mendapatkan berbagai informasi, baik itu tentang dosen, mata kuliah, dan banyak hal lainnya yang berhubungan dengan kuliah. (Hehehe.. pengalaman pribadi)



6. Manfaatkan Perpustakaan
Sering-seringlah mengunjungi perpustakaan. Perpustakaan adalah gudangnya ilmu dan informasi. Anda dapat keliling dunia lewat buku. Anda bisa ke masa lalu tanpa bantuan kantong ajaib doraemon, semua itu anda dapatkan di perpustakaan. Apalagi kalau kamu bisa meminjam buku-buku kuliah dari situ. Lumayan, kan untuk menghemat uangmu.



7. Jangan Jadi Mahasiswa Pasif
Setelah menjadi mahasiswa, hindarilah rutinitas : kampus – kantin – rental PS - kost/ rumah. Ikutilah aktivitas-aktivitas di luar jadwal kuliahmu. Di perguruan tinggi ada begitu banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti. Mulai dari kegiatan keagamaan, olah raga, fotografi, pencinta alam, teater. Pilihlah organisasi yang sesuai dan cocok dengan minat dan bakatmu. Lebih bagus kalau orgnisasi itu bisa menunjang studimu.





8. Tentukan target IP sesuai cita-cita.
Ketika anda ingin kerja di perusahaan multinasional yang bergaji besar atau berharap dapet basiswa S2 untuk jadi peneliti, IP tinggi adalah harga mati. Jadi ketika ada orang yang bilang ‘IP itu gak penting, yang penting organisasi’. Indikator penting gak penting nya ya “tergantung cita-cita ke depan”.



9. Jangan cepat down.
Terkadang, masalah yang dateng ketika kuliah itu bisa sangat ekstrim dan gak terbayangkan sebelumnya. Sesulit apapun itu, sebisa mungkin tetap positive thinking. Pkir aja bahwa kesulitan-kesulitan itu bagian dari kita yang terus berkembang seiring waktu. Kalau dapet yang seneng-seneng terus ya gak bakal maju dan ga bakal belajar dari situ. Kalau pelajarannya gak terasa susah ya buat apa toh kita mahal-mahal kuliah?



10. Bentengi Diri
Dengan niat yang suci akan lahir tujuan yang mulia, bentengi diri anda dengan niat dan keyakinan bahwa kesempatan menjadi mahasiswa ini tidak boleh disia-siakan dan Insya Allah berhasil, senantiasa berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa. jangan pernah menjauh dari-Nya, karena semua agama mengajarkan itu, seiring dengan pepatah latin “ora at labora”.
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.