Masukkan iklan disini!

Peresmian Program Pemberian Makanan Bergizi Gratis bagi Mahasiswa Undip



Sumber : Dokumen Pribadi

Universitas Diponegoro menyelenggarakan program pemberian pelayanan kesejahteraan berupa makanan bergizi bagi mahasiswa Undip. Pembukaan acara ini berlangsung di Joglo Student Centre Universitas Diponegoro Tembalang pada Rabu, 7 September 2022. Namun, program ini telah terselenggara pada hari Selasa. Program pemberian pelayanan kesejahteraan ini juga turut menyambut Dies Natalis Universitas Diponegoro ke-65 dan dibuka langsung oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dan dihadiri oleh tamu undangan serta mahasiswa.

Rektor Undip mengungkapkan alasan diselenggarakan program pemberian makanan bergizi ini untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan terutama di masa pandemi Covid-19 dan sebagai program untuk pengaturan gizi bagi mahasiswa agar mereka dapat memiliki gizi yang cukup.

Pembagian makanan ini dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu mulai pukul 11.00 WIB di dua lokasi, yaitu Joglo Student Centre dan Teras Aula Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip Tembalang dengan kuota makanan masing-masing sebanyak 500 porsi melalui sebuah food truck yang datang membawa makanan tersebut menuju titik-titik yang telah ditentukan. Namun Rektor Undip, menyampaikan untuk rencana kedepannya food truck akan dilaksanakan setiap hari Senin s/d Kamis serta menambahkan kuota makanan per hari sesuai evaluasi yang akan dilakukan. Program ini juga diharapkan akan terus berjalan.

Arditama (FSM) dan Shiobara (SV) mengutarakan alasan mereka tertarik mendatangi acara food truck ini adalah supaya hemat dan mendapatkan makanan sehat sehingga mereka memanfaatkan kesempatan layanan ini. “Layanan ini sangat membantu mahasiswa Undip yang kurang mampu dan dengan makanan sehat ini juga membantu asupan makanan terutama anak kost” ujar Arditama (FSM).

Manajer Kemahasiswaan, Muhammad Muntafi’, menuturkan bahwasannya anggaran dari layanan kesejahteraan ini termasuk dalam RKAT (Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan) bagian kemahasiswaan. Rencananya, mekanisme pengambilan makanan akan terus disempurnakan dengan mengevaluasi dan mengembangkan teknis yang lebih efektif dan efisien.


Sumber : Dokumen Pribadi

"Nantinya dari teman-teman (mahasiswa FKM) bisa ikut memonitor kualitas makanan karena makanan ini kan tidak tahan lama, itu yang mungkin perlu diawasi. Seperti kata Pak Rektor, apakah basi atau tidak. Di FKM sebenarnya sudah ada tim kesehatan, apabila nantinya mahasiswa mau bergabung menyelenggarakan program kegiatan seperti memonitor higienitas makanan akan lebih bagus karena program ini sifatnya massal dan makanannya tidak tahan lama," ujar Budiyono selaku Dekan FKM Undip.

Terakhir, Rektor Undip juga berpesan kepada seluruh mahasiswa Undip untuk dapat memanfaatkan layanan kesejahteraan ini dan dapat memberikan saran terkait penyelenggaraan program agar dapat berjalan lebih baik lagi. (Dimas, Ardhiana, Alamanda, dan Diandra '22)

No comments