Masukkan iklan disini!

Yuk, kenali 9 Macam Jenis Diet untuk Program Diet yang Efektif!



Sumber : Freepik



Saat ini jenis diet semakin beragam dan memiliki kelebihannya masing-masing, ada yang diperuntukkan bagi pengidap penyakit tertentu dan adapula yang hanya sekadar untuk mengurangi berat badan. Yuk, kenali berbagai macam jenis diet berikut ini:

1. Diet nasi putih

Jenis diet ini adalah diet yang dilakukan dengan cara tidak memakan nasi putih. Hal ini dikarenakan nasi putih mengandung kadar kalori yang cukup tinggi dan memicu diabetes dan obesitas. Adapun pengganti dari nasi putih bisa dengan menggunakan kentang, jagung, nasi merah, dan pengganti lainnya yang memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dari nasi putih.

Akan tetapi, diet jenis itu sebaiknya dihindari oleh penderita tipe 1 karena dapat memicu terjadinya ketoacidosis diabetik. Orang yang memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga dari pagi hingga malam, sebaiknya menghindari diet jenis ini dan pilih program diet yang dapat menopang aktivitas harian.

2. Diet General Motorik

Diet jenis ini dengan cara meminum banyak air dan tidak boleh meminum alcohol. Kemudian meminum susu kedelai minimal tiga gelas sehari. Diet jenis ini bisa dilakukan bagi orang yang memiliki kadar gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan darah tinggi karena dapat menurunkan kadar tersebut. Diet jenis ini tidak direkomendasikan bagi orang yang mengidap penyakit tiroid atau alergi kacang-kacangan karena dapat memperparah kondisi tersebut.Selain itu, orang dengan aktivitas harian yang banyak pergerakan sendi juga sebaiknya menghindari diet ini.

3. Diet Ketogenik

Diet jenis ini cocok untuk orang kurus dan ingin memiliki BB yang ideal karena diet ini mengharuskan untuk mengkonsumsi makanan berlemak, sedikit protein dan karbohidrat. Diet ini tidak boleh mengkonsumsi makanan bergula dan bertepung seperti buah, sayur, roti, dan pasta. Diet ketogenik tidak direkomendasikan untuk orang dengan hipertensi.

4. Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang rendah. Diet ini t


idak direkomendasikan bagi yang memiliki penyakit gangguan reproduksi pada Wanita, penyakit osteoporosis, Riwayat jantung, dan pria dengan hormone testosterone rendah.

5. Diet Obsessive Corbuzier Diet (OCD)

Diet jenis ini memiliki karakteristik memperbolehkan makan apa saja yang disukai dalam jumlah porsi yang wajar. Diet ini memiliki sistem puasa, dimana pada awal diet dibolehkan makan dalam jangka waktu 8 jam kemudian selanjutnya berkurang menjadi 6 jam dan bisa 4 jam. Diluar jam tersebut hanya diperbolehkan minum air putih saja. Diet ini dikenal cepat dalam menurunkan berat badan.

6. Diet Dukan

Diet ini dilakukan dengan cara mengonsumsi jumlah protein yang tinggi dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan makanan berlemak. Diet ini tidak direkomendasikan bagi orang dengan Riwayat penyakit jantung atau memiliki kolesterol tinggi.

7. Diet Mayo

Diet mayo ini dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi garam baik itu makanan yang dimasak dengan garam dan makanan asin lainnya selama 13 hari.

8. Diet Atkins

Diet dengan konsumsi makanan rendah karbohidrat atau bahkan tidak sama sekali. Akan tetapi, dalam diet ini dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan dengan protein dan lemak dalam jumlah banyak.

9. 8 Week Blood Sugar

Program diet ini didasarkan pada pola konsumsi sayuran hijau atau berwarna, konsumsi protein dan lemak sehat dalam jenis sedang, serta produk susu seperti yogurt tanpa gula. Program ini cocok untuk penderita diabetes, tetapi tidak direkomendasikan bagi orang dengan gula darah rendah.



Nah, setelah mengenali 9 jenis diet kira-kira yang mana nih yang cocok untuk kamu? Nah, agar tubuh tetap bugar, program diet perlu diimbangi dengan berolahraga dan penerapan pola hidup sehat ya! (Yuninda Fairuz Syifa)

No comments