Masukkan iklan disini!

Yuk, Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Benar dan Tepat!





Sumber: freepik


Telinga adalah salah satu alat indra yang berperan penting dalam aktivitas manusia yang vital dan mendasar. Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara menjaga kesehatan yang baik dan benar. Padahal, apabila kesehatan dan kebersihan telinga tidak dijaga, maka bisa menyebabkan berbagai masalah telinga, seperti infeksi telinga, telinga berdenging, bahkan tuli mendadak. Selain itu, dapat mengganggu proses penerimaan informasi, keadaan fisiologi, maupun keseimbangan tubuh.

Nah, berikut ini beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan telinga:

· Bersihkan telinga dengan benar

Adanya kotoran di liang telinga dalam jumlah yang sedikit merupakan hal normal. Kotoran tersebut akan melindungi liang telinga dari kotoran dan debu. Namun, seringkali terjadi penumpukan kotoran telinga yang menyebabkan gatal dan tersumbat sehingga banyak orang kemudian membersihkan telinga menggunakan cotton bud, penjepit rambut, atau sesuatu lainnya. Padahal kebiasaan tersebut berisiko mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam, serta berisiko merusak organ sensitif seperti gendang telinga.

Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? Hindari penggunaan obat tetes telinga yang berlebihan tanpa resep dokter. Jika terdapat penumpukan kotoran, kamu bisa membersihkan daerah sekitar rongga telinga seperti daun telinga menggunakan air dan sabun dengan handuk lembut saja. Apabila kotoran telinga tersebut sampai mengganggu kenyamanan pendengaran sebaiknya kunjungi dokter THT untuk pembersihan telinga yang lebih aman.


· Lindungi telinga dari suara keras

Terlalu sering mendengarkan suara keras menyebabkan kemampuan mendengar berkurang. Jika lingkungan tempat kamu berada seperti rumah, tempat kerja, maupun saat konser musik terdapat suara yang terlalu keras kamu sebaiknya menggunakan pelindung atau penyumbat telinga.

Penggunaan earphone dan headphone pun harus diperhatikan. Sebaiknya saat kamu menggunakannya volume musik jangan terlalu keras. Batas volume musik tidak lebih dari 60%. Juga jangan mendengarkan terlalu lama, tidak lebih dari 1 jam sehari.

· Hindari penggunaan ear candle

Ear candle merupakan terapi membersihkan telinga. Namun, para ahli dan dokter tidak menyarankan penggunaan ear candle ini. Hal tersebut dikarena penggunaan ear candle berisiko menyebabkan cedera telinga seperti terbakar dan tersumbat.

· Jaga telinga tetap kering

Kelembaban telinga harus diperhatikan karena telinga yang terlalu basah memungkinkan bakteri masuk ke saluran telinga. Bakteri ini yang menyebabkan iritasi dan infeksi telinga yang disebut otitis eksterna.

Oleh karenanya, untuk menjaga telinga tetap kering selalu lap telinga dengan handuk kering. Bagi kamu yang suka berenang, pastikan menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke telinga. Apabila telinga kemasukan air, segera miringkan kepala dan tarik cuping telinga.

· Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter

Gangguan telinga disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya faktor usia. Proses penuaan menyebabkan degenerasi sel sensorik penerima pendengar. Oleh karenanya, pastikan kesehatan kondisi telinga setiap waktu. Lakukan pemeriksaan ke dokter THT secara rutin untuk menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi gangguan pendengaran lebih dini. Apabila tidak ada gangguan pendengaran, check up rutin dilakukan setiap 3-5 tahun. Namun, jika ada keluhan langsung periksa ke dokter untuk dilakukan penanganan dan pengobatan yang lebih aman.


Itulah beberapa cara menjaga kesehatan telinga dan pendengaran. Nah cukup mudah bukan? Yuk, jaga kesehatan telinga sejak dini (Yuninda Fairuz Syifa).

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/6-cara-menjaga-kesehatan-telinga

No comments