Masukkan iklan disini!

BPJS Mengalami Defisit Triliunan, Mahasiswa FKM Undip Mengkaji Bersama dalam Biji Ketan 2018

Sumber : doc.pribadi

      Selasa (09/10/2018), calon peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro 2019 menyelenggarakan kegiatan Biji Ketan (Bincang-Bincang Kajian Kebijakan Kesehatan) di Gedung E Fakultas Kesehatan Masyarakat pukul 15.00-18.00 WIB.
      Kegiatan yang dihadiri oleh 91 peserta yang mengangkat tema “BPJS Collaps, Tepatkah Cukai Rokok sebagai Solusinya?” Munculnya kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya pro dan kontra dalam menanggapi permasalahan terkait terjadinya defisit di BPJS. Sikap dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu beliau telah menandatangani peraturan presiden (perpres) terkait pemanfaatan cukai rokok untuk BPJS. Menurut Jokowi, terbitnya Perpres tersebut sudah sesuai dengan amanat Undang-undang dimana pendapatan dari cukai rokok digunakan untuk pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, tidak masalah jika cukai rokok digunakan untuk membantu keuangan BPJS yang tengah mengalami defisit hingga Rp 10,9 triliun berbeda dari keterangan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono.
        Sumarsono menilai, akibat Perpres yang kini sedang dalam tahap pengundangan itu, pendapatan daerah yang selama ini berasal dari cukai rokok otomatis berkurang. Menurut  Sri Mulyani, BPJS defisit karena adanya ketidakpatuhan dalam pembayaran iuran sehingga sering terjadi tunggakan oleh peserta.
         Biji Ketan ini bertujuan untuk memperkenalkan atau branding citra peminatan AKK di lingkungan FKM Undip, memberikan pencerdasan mengenai isu dan fakta bidang kesehatan terbaru kepada mahasiswa FKM Undip, meningkatkan daya kritis mahasiswa FKM Undip dalam menanggapi isu dan fakta bidang kesehatan, dan meningkatkan daya pikir mahasiswa FKM Undip dalam memberikan solusi atas permasalahan isu dan fakta bidang kesehatan.
           Kegiatan yang dipandu oleh Alvira Putri Calista dan Alma Nofia Mega Arsinta sebagai MC serta Syafira Risdanti sebagai moderator ini, menghadirkan 2 pembicara dari pihak akademisi dan pihak BPJS, diantaranya Dr. Dra. Chriswardani Suryawati, M. Kes menjabat sebagai dosen peminatan AKK FKM UNDIP serta Riyan Aprilatama, SKM sebagai perwakilan dari BPJS Magelang. (Rizani)

No comments